Analisa Usaha Ternak Ayam Yang Menguntungkan

Selain menguntungkan, usaha ternak ayam juga tergolong mudah. Dibandingkan dengan kambing atau sapi, masa panen usaha ternak ayam lebih singkat.

Harga daging ayam semakin meroket akhir – akhir ini. Terlebih lagi dengan adanya kenaikan harga BBM. Dengan banyaknya permintaan daging ayam, usaha ternak ayam memang sangat menjanjikan keuntungan.

Di pasaran biasanya terdapat dua jenis ayam yaitu ayam kampung dan ayam broiler. Ayam broiler merupakan ayam ras yang dapat tumbuh dalam waktu singkat dan dapat menghasilkan daging dalam waktu yang singkat pula. Saat ini ayam broiler menjadi pilihan banyak restoran dan rumah makan karena supply yang tersedia di pasaran lebih banyak.

Berbeda dengan ayam broiler, supply ayam kampung di pasaran lebih sedikit. Hal ini dikarenakan belum banyak pengusaha ternak yang mengembangkan usaha ternak ayam kampung. Dari segi rasa, nutrisi, pemeliharaan, dan juga pemasaran, ayam kampung lebih unggul dibandingkan dengan ayam broiler.

usaha ternak ayam

Tidak dapat dipungkiri daging ayam kampung memang lebih gurih dan bertekstur kenyal. Selain itu juga nutrisi yang terkandung di dalam daging ayam kampung lebih tinggi. Kompetitor pun saat ini belum terlalu banyak. Karena itulah harga pasar ayam kampung lebih tinggi. Potensi pasar untuk usaha ternak ayam kampung juga sangat bagus.

Advertisement

Selain kelebihan tersebut, ayam kampung juga mudah untuk dipelihara. Namun masa panen untuk ayam kampung biasa cenderung lama. Namun anda tidak perlu khawatir. Ternak ayam kampung super bisa menjadi solusi bagi permasalahan ini. Ayam kampung super atau lebih sering disebut dengan ayam Jawa super mempunyai masa pertumbuhan yang lumayan pesat jika dibandingkan dengan ayam kampung biasa, walaupun lebih lama jika dibandingkan ayam broiler.

Keuntungan lainnya adalah angka kematian yang lebih rendah dibanding ayam kampung biasa. Rasa daging ayam kampung super pun tidak perlu diragukan, gurih dan kenyal. Dilihat dari segi harga, penjualan untuk ayam kampung super juga jauh lebih tinggi dari harga ayam broiler. Selain itu, masa panen juga tergolong singkat.

Cara pemeliharaan ayam kampung super juga tergolong gampang. Anda cukup menyediakan kandang yang dialasi dengan sekam dan diterangi lampu secukupnya. Pemberian pakan cukup sekali dalam sehari. Dengan begitu, anda tidak perlu merasa khawatir untuk mengembangkan usaha ternak ayam kampung super ini.

Harga per bibitnya sekitar Rp.4000 sampai Rp.5500. Untuk pakan ayam selama 60 hari pertama, bisa menghabiskan biaya sekitar Rp.1.500.000. Sementara untuk vitamin dan vaksinasi ayam cukup dengan Rp.100.000 saja. Jika diasumsikan angka kematian ayam adalah 5%, sementara harga ayam per ekor adalah Rp.25000.

Maka jika diasumsikan anda beternak 100 ekor ayam kampung super, kemudian dijual 95 ekor dengan harga Rp25.000/ekor, maka anda bisa mendapatkan untung kotor Rp.2.300.000. Dikurangi dengan biaya produksi, maka untuk 100 ekor ayam kampung, anda bisa mendapat keuntungan bersih kurang lebih Rp.400.000.