Analisa Usaha Sosis Telur Gulung (SOSTEL)

Bidang usaha kuliner merupakan salah satu bidang bisnis yang paling sering memunculkan inovasi baru untuk menggaet pelanggan. Beberapa waktu kebelakang baru saja kita dengar populernya jajanan menyegarkan es kepal milo yang meluas di banyak tempat, kini muncul kembali kuliner baru berupa camilan yang disebut dengan Sosis Telur atau Sostel.

Meski mungkin kebanyakan dari kita sudah tidak asing mendengar makanan berupa telur begitupun juga dengan sosis, namun kali ini kreasi yang di terapkan kepada kedua makanan yang banyak digemari ini benar-benar inovasi baru.

Saat pertama kali melihatnya kita akan menyadari bahwa sosis dan telur ini bukan hanya digoreng dengan cara yang biasa. Pasalnya dari segi tampilan sudah terlihat cukup unik, sosis dibalut dengan gulungan telur secara apik disajikan dengan tusuk sate dan tidak lupa juga dilengkapi dengan topping seperti saus tomat, sambal, mayonise dan lain sebagainya.

Tidak hanya tampilannya saja yang menarik namun cara memasaknya juga terbilang cukup unik karena menggunakan mesin khusus, tak heran hasilnya pun bisa terlihat sangat rapi.

Usaha Sosis Telur Gulung SOSTEL

Proses Pembuatan Mudah Menggunakan Mesin Otomatis

Tampilannya yang terlihat rapi dan menarik tidak lantas untuk membuat Sostel ini membutuhkan keterampilan atau cara yang sulit. Sebaliknya, proses pembuatan cemilan unik ini sangatlah mudah dan sederhana, bahkan dapat selesai dengan waktu beberapa menit saja.

Tentunya untuk membuatnya demikian kita membutuhkan mesin khusus untuk membuat sosis telur gulung.

Tidak berupa penggorengan biasa, melainkan bentuk mesinnya berupa sebuah lubang yang menjadi sebuah cetakan untuk sosis telur gulung. Operator tinggal masukan sebutir telur kedalamnnya, di ikuti dengan sosis serta bumbu-bumbu lainnya, beberapa saat kemudian sostel matang akan naik secara otomatis tinggal kita sertakan topping sesuai permintaan pembeli.


Mesin pembuat sosis telur otomatis saat ini sudah cukup banyak produsen yang menawarkannya dengan berbagai macam kelebihan. Harga yang ditawarkan berkisar 2 hingga 3 jutaan tergantung berapa jumlah lubang cetakannya.

Tak hanya berbahan bakar gas elpiji, mesin ini juga ada yang menggunakan listrik sebagai sumber panas untuk membuat sostel.

Peluang Usaha Sosis Telur Gulung

Karena sedang cukup populer, Bisnis camilan Sosis Telur tentunya akan sangat menguntungkan untuk dijalankan saat ini. Karena berupa camilan, makanan ini sangat cocok jika jajakan di lokasi-lokasi seperti tempat jajanan sekolahan, kantin, ataupun tempat keramaian lainnya.

Bagaimana untuk analilsa kedepannya ?

Dalam berbisnis kuliner salah satu yang dapat membuat bisnis bisa terus berjalan dalam jangka waktu yang lama adalah dengan selalu kreatif menciptakan inovasi baru yang fresh, dengan begitu pelanggan tidak akan cepat bosan.

Misalnya saja dalam usaha Sostel ini kita dapat berkreasi dengan topping atau rasa-rasa baru yang unik dan membuat rasa penasaran untuk di cicipi.

Baca Juga Usaha Sosis Bakar Rumahan Dan Cara Membuatnya

Memulai Bisnis Sosis Telur Gulung

Seperti usaha-usaha kuliner saat ini bisnis sosis telur dapat dimulai dengan beberapa cara. Yang pertama dan yang paling mudah adalah dengan cara menempuh program franchise atau waralaba yang menyediakan perlengkapan jualan dengan lengkap termasuk mempergunakan brand nya.

Keuntungannya tentu saja lebih praktis karena kita tidak perlu lagi mempersiapkan berbagai perlengkapan usaha beserta mesin untuk membuat sosis telur gulung. Selain itu pembeli hak franchise juga umumnya akan di ajarkan seputar cara pembuatan, tips berjualan hingga supplai bahan baku untuk pembuatan.

Meski begitu praktis dan mudah, memilih membuka usaha sosis telur dengan membeli franchise akan membutuhkan modal yang lebih besar. Pasalnya selain pengadaan peralatan dan sebagainya, kita pun akan dibebankan biaya frenchise untuk pemilik brand.

Ingin mengeluarkan modal lebih murah ?

Cobalah memilih jalur membuka usaha Sostel secara mandiri, meski kita akan direpotkan dengan berbagai macam hal seperti mencari peralatan dan mesin sendiri, namun kita dapat mengatur biaya dengan lebih fleksibel. Namun yang lebih penting lagi, resep agar citarasa sosis telur lezat disantap harus kita racik sendiri, oleh karena itu wajib kita persiapkan sebelum memulai berjualan.