Analisa Usaha Rumah Potong Unggas Ayam

Saat ini, jumlah warga di kelas menengah di Indonesia semakin meningkat. Hal ini tentu berpengaruh terhadap bertambahnya jumlah produk makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Salah satunya adalah ayam, ayam menjadi salah satu makanan yang paling dibutuhkan dan dikonsumsi oleh banyak kalangan menengah di Indonesia.

Daging ayam lebih banyak dipilih karena dianggap lebih sehat dari daging lainnya. Dibandingkan daging sapi atau kambing, daging ayam lebih terjangkau dari segi harga dan dinilai lebih rendah kolesterol.

Hal ini memicu perkembangan bisnis yang berkaitan, salah satunya adalah usaha rumah potong unggas, dalam hal ini adalah ayam. Dari beberapa analisa usaha rumah potong ini memiliki prospek yang cukup bagus. Mengingat pendapatan masyarakat di Indonesia yang semakin meningkat, jumlah kebutuhan daging ayam juga terus bertambah, sehingga usaha ini banyak di nilai memiliki prospek yang bagus.

Di bawah ini adalah beberapa analisa kelebihan usaha rumah potong unggas (ayam) yang bisa anda pertimbangkan.

Prospek yang Bagus

Analisa Usaha Rumah Potong Unggas Ayam

Sebelum membahas prospek dari rumah pemotongan ayam, sebelumnya anda harus mengetahui apa itu bisnis pemotongan ayam. Rumah pemotongan ayam adalah kompleks bangunan yang dibangun dengan konstruksi yang khusus untuk pemotongan ayam.

Advertisement

Usaha ini mengalami perkembangan cukup besar, tidak hanya itu saja, rumah pemotongan ayam juga memiliki peran penting pada harga daging ayam dan pemenuhan kebutuhan masyarakat akan daging ayam. Usaha ini memiliki prospek yang bagus karena kebutuhan ayam setiap tahun terus meningkat.

Jika tahun sebelumnya kenaikan berkisar hanya 5%, tahun ini mencapai 15% total kebutuhan daging ayam di Indonesia. Itu artinya rumah potong ayam akan memiliki peran penting dalam perputaran kebutuhan daging ayam.

Baca juga artikel inspirasi strategi bisnis kuliner dari restoran cepat saji KFC

Tingkatan Bisnis

Sebagai salah satu bisnis dengan prospek yang luar biasa, bisnis ini juga memiliki tingkatan pada jenisnya.Ada beberapa tempat usaha rumah potong ayam yang berkembang sangat besar dan didukung dengan peralatan modern, ada juga dengan konsep tradisional.

Di bawah ini adalah jenis bisnis atau usaha rumah potong ayam :

  • Rumah potong ayam tradisional

Jenis ini cocok untuk anda yang baru merintis usaha ini, anda tidak perlu menggunakan jasa karyawan selama masih bisa anda tangani. Konstruksi bangunan juga tidak terlalu berpengaruh, biasanya dilakukan oleh pengusaha rumah potong ayam dalam skala kecil.

  • Rumah potong ayam modern

Untuk jenis usaha rumah potong modern, biasanya merupakan bisnis pemotongan ayam yang skalanya sudah besar. Setiap hari melakukan pemotongan ayam dalam jumlah besar, memiliki beberapa pekerja dan juga menggunakan bangunan dengan konstruksi khusus untuk pemotongan. Untuk usaha rumah potong ayam modern, biasanya sudah ada suplai ayam untuk dipotong dan juga ada distributor daging ayam untuk dijual.

Demikian adalah sedikit ulasan mengenai analisa usaha rumah potong unggas ayam, semoga informasi di atas bermanfaat untuk anda.

Baca juga analisa usaha ternak ayam yang menguntungkan