Analisa Usaha Konveksi Pakaian

Usaha Konveksi merupakan salah satu jenis usaha yang tidak pernah mati sampai kapan pun. Sebab, produk konveksi selalu dibutuhkan oleh manusia mulai dari kecil hingga dewasa bahkan orang tua sekali pun. Namun, karena usaha konveksi memiliki peluang tinggi maka sangat wajar jika banyak orang yang memilih jenis usaha ini juga. Hal ini tentu membuat persaingan bisnis semakin kuat.

Namun, untuk menjadi usaha konveksi yang berpotensi sukses anda perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini:

  • Batasi Segmentasi Pasar

Pengusaha konveksi memang banyak, tapi yang benar-benar fokus pada satu segmen pasar masih bisa dihitung jari. Padahal, semakin anda fokus pada satu segmen pasar maka konsumen pun akan mampu mengenal usaha anda. Misalkan, anda dapat membatasi bisnis konveksi anda hanya di bidang pakaian anak-anak saja. Dengan demikian, konsumen yang mencari pakaian anak akan bisa langsung menunjuk anda sebagai distributor tetap. Intinya, jangan menjadi pengusaha yang ingin menjual semua jenis konveksi. Sebab, hal ini justru akan membuat anda kehilangan konsumen.

Baca juga artikel Mesin Jait Untuk Usaha Konveksi Kaos

Advertisement

usaha konveksi

  • Tetapkan pola penjualan

Kebanyakan para pebisnis merugi karena tidak mengetahui pola penjualan yang baik dan benar. Dan pola penjualan konveksi yang paling menguntungkan adalah menggunakan jaringan relasi. Bahkan, jenis pola penjualan ini tergolong sangat mudah karena anda akan jauh lebih mengenal partner bisnis anda.

Anda juga dapat menggunakan pola penjualan konveksi dengan cara bekerjasama dengan toko-toko yang memiliki potensi pembelian yang besar. Intinya terletak pada bagaimana upaya anda membangun jaringan sehingga relasi bisnis semakin terjamin.

  • Lakukan Iklan

Tak kenal maka tak sayang. Mungkin peribahasa ini sangat sesuai dengan usaha konveksi yang anda jalankan. Artinya, apabila anda pengusaha baru tentu anda perlu usaha untuk memperkenalkan bisnis anda kepada orang lain. Dan hal itu dapat dilakukan dengan memasang iklan. Semakin sering anda memasang iklan maka potensi semakin dikenal orang banyak pun akan terbuka lebar. Dan harapannya adalah semakin dikenal orang maka semakin banyak orang yang membeli produk anda.