Analisa Usaha Jualan Kantong Plastik Kemasan

Tahukah anda bahwa kantong plastik atau kresek ini sangat banyak sekali penggunanya, setiap hari dalam satu rumah tangga bisa puluhan lembar kantong plastik berbagai ukuran yang di gunakan sebagai kemasan saat berbelanja.

Meski penggunaannya sekarang ini di himbau untuk jangan terlalu banyak karena merusak lingkungan mengingat barang ini sangat lama terurai meski tertimbun di dalam tanah bertahun-tahun. Namun karena keperaktisannya tetap kantong plastik ini banyak di gunakan.

Produk yang banyak di perlukan ini tentu saja membuka peluang usaha yang cukup menjanjikan untuk kita pilih, toko yang menyedikan khusus kemasan kantong plastik akan dibutuhkan oleh semua bidang usaha yang berjualan barang apapun juga.

Menarik bukan, usaha berjualan kantong plastik ini sangat bertebaran konsumennya, sebagai pendukung usaha lain untuk menjual barangnya kepada konsumen masing-masing. Anda berminat menjalankan bisnis ini, baca terus bahasannya di artikel ini.

Lokasi Usaha Dan Target Konsumen

Tahap awal untuk menjalankan bisnis ini adalah kita harus pandai-pandai menentukan lokasi toko untuk berjualan. Karena target konsumennya adalah toko dan usaha lain, tempat paling strategis adalah pusat keramaian seperti pasar, pusat grosiran atau pusat perdagangan dan sejenisnya, terpenting lokasi berjualan kantong plastik harus di kelilingi toko-toko lainnya.

Baca juga artikel Memilih Lokasi Usaha Yang Strategis

Setelah lokasi usaha memenuhi syarat, berikutnya adalah strategi pengadaan stok barang jualan yang sesuai dengan target konsumen di daerah sekitar. Karena jenis kantong plastik ini bermacam-macam, seperti kantong kresek untuk kemasan berbelanja yang dikenal dengan nama plastik HD ( High Density ), plastik PE (polythylene) yang berwarna bening banyak di gunakan sebagai kemasan makanan, panjual es, bungkus sayuran dan sebagainya.

peluang usaha toko plastik

Ada juga jenis plastik Low Density Poly Ethylene atau (LDPE) yang berjenis lentur dan dapat di tarik mengikuti bentuk barang yang di bungkusnya, banyak di gunakan sebagai penutup produk buah-buahan, daging, dan barang yang memerlukan kemasan kedap udara. Dan banyak lagi jenis plastik lainnya.

Maka dari itu palstik yang di jajakan di toko anda harus sesuai dengan target pasarnya, seperti misalnya lokasi di area pasar, maka sediakan plastik HD,PE,PP karena akan banyak konsumen yang datang dari kalangan toko klontongan, penjual jajanan, dan sebagainya.

Berbeda jika lokasi toko anda berada di daerah industri, jenis plastik seperti untuk obat, produk pakaian, jenis LDPE dan plastik berukuran besar akan sangat sesuai untuk di sediakan.

Kesemua produk yang di jajakan di toko plastik bisa kita dapatkan di pusat grosiran, yang umumnya kita harus membeli dengan jumlah yang besar yang di jual dengan sistim kiloan dan ada beberapa plastik yang dijual per roll. Akan tetapi jika toko kita sudah berjalan, akan banyak juga para produsen yang berkeliling menawarkan produknya.

Tips Sukses

Stok produk plastik yang lengkap bisa membuat bisnis yang kita jalankan berjalan dengan sempurna, karena semakin lama toko kita akan di kenal konsumen secara luas.

Selain itu yang perlu kita perhatikan adalah kemungkinan terjadinya persaingan antara toko sejenis, untuk berpeluang memenangkannya kita harus menerapkan harga jual yang bisa bersaing. Caranya dengan membeli langsung stok plastik dari produsen atau distributor, agar mendapatkan harga yang murah.

Pelayanan kepada konsumen juga harus di maksimalkan, berikan pelayanan yang saingan anda tidak menerapkannya, seperti layanan delivery, garansi jika terdapat produk yang rusak, serta pelayanan kepada konsumen harus dilakukan dengan ramah.

Penyimpanan stok barang plastik di toko juga harus di perhatikan, terutama untuk produk yang berukuran kecil, karena akan rawan untuk tercecer dan berahir rusak atau hilang. Untuk meminimalisir hal ini, kita bisa menata stok barang dengan rapi, dan membagi-bagi tempat penyimpanan sesuai kategori agar lebih memudahkan.

Jalin kerja sama dengan penyedia jasa sablon plastik juga akan bisa lebih menambah keuntungan, karena akan banyak konsumen dari toko yang ingin menyertakan nama merk di plastik kemasannya, dari sini kita bisa menghasilkan keuntungan tambahan dengan menambahkan harga jual produknya.

Baca juga artikel Usaha Daur Ulang Penggilingan Botol Plastik Bekas