Analisa Usaha Es Batu Kristal ( ice Tube )

Maraknya para pelaku usaha yang menjual minuman dari skala kecil hingga kelas restoran, menjadikan permintaan es batu ini semakin besar. Tapi yang sekarang ini banyak di gunakan oleh para penjual minuman tersebut adalah es batu kristal yang sudah berbentuk potongan-potongan seragam ( tube ), bukan es balok yang bentuknya masih besar.

Alasannya karena, es batu kristal ini lebih praktis dan higienis untuk di gunakan. Tidak perlu lagi menghancurkan es secara manual, cukup tinggal ambil dan tuangkan kedalam gelas. Juga lebih higienis karena umumnya es jenis ini sudah di kemas rapi dengan plastik khusus, selain itu bahan air yang di gunakan juga dari air mineral.

Jadi meski pun sedikit berharga lebih mahal dari es balok biasa, dengan banyaknya kelebihan, es kristal ini lebih banyak dipilih para pengusaha minuman.

usaha es batu kristal

Potensi bisnis es batu kristal

Seperti yang kita ketahui bisnis minuman saat ini sedang bertumbuh dengan pesat. Banyak diantaranya bermunculan jenis-jenis baru yang di sukai masyarakat. Paling sering kita temui berupa booth-booth yang menjual aneka minuman seperti, cappucino cingcau, jus buah, es buble, hingga teh manis.

Usaha-usaha tersebut lah yang menjadi sasaran utama dari bisnis es batu kristal ini. Sangat jarang mereka menggunakan es berbentuk balokan, selain harus repot menghacurkan jadi kecil, tempat usaha mereka juga umumnya berada di tempat modern seperti mall atau pusat perbelanjaan, tentunya konsumen yang membelinya pun akan lebih slektif dalam memilih.

Selain itu, terdapat pula pasar yang lebih besar dari pedagang minuman di booth, yaitu cafe dan juga restoran, sudah menjadi keharusan bagi mereka untuk menyediakan menu minuman yang lebih eksklusif, sebabnya harga jual di tempat seperti ini juga umumnya lebih tinggi. Maka menggunakan es tube ini hukumnya wajib pada setiap minuman dingin yang mereka tawarkan.

Advertisement

Belum lagi para pengusaha tempat makanan yang berada di daerah-daerah, tentunya selain menjual makanan pada umumnya mereka juga menyediakan aneka menu minuman seperti es campur, es jeruk, aneka juice dan lain sebagainya. Selama ini jalur distribusi es batu kristal ini sangat jarang bisa menjagkau mereka, sementara kebanyakan hanya tersedia di kota-kota.

Dengan banyaknya pangsa pasar yang bisa di garap, tentunya usaha ini masih membuka peluang bagi kita untuk ikut meraup keuntungan dari bisnis ini.

Baca juga cokelat kocok sukses hadir meramaikan bisnis minuman

Langkah Membuka Usaha

Sebuah usaha yang berpotensi besar seperti usaha ini, tentu saja akan membutuhkan modal yang lumayan untuk bisa kita jalankan. Usaha es tube ini bisa di kategorikan dengan skala industri menengah keatas, paling utamanya biaya untuk pengadaan mesin pembuatnya.

Dipasaran tersedia bebera jenis mesin yang bisa di pilih berdasarkan kapasitas produksinya. Dari mulai yang hanya bisa memproduksi puluhan kilo saja per harinya hingga berton-ton es batu setiap harinya. Untuk yang paling kecil di pasaran berharga sekitar 15 jutaan, namun jenis ini pengaplikasiannya hanya cocok digunakan untuk keperluan konsumsi sendiri, seperti cafe yang ingin membuat es tubenya sendiri.

Sedangkan khusus untuk usaha es batu kristal, di perlukan mesin dengan kapasitas produksi lebih besar minimal 500 kg hingga 2 ton keatas setiap harinya. Mengingat harga jual dari es batu ini berkisar antara 10 hingga 15 ribuan saja per 10 kilogramnya. Maka jika mesin yang kita miliki kepasitasnya kecil, tentunya tidak akan bisa mengejar keuntungan.

Untuk harga mesin dengan kapasitas minimal tersebut, setidaknya di butuhkan modal minimal 60 jutaan, sedangkan untuk yang kapasitasnya hingga 2 ton sehari di perlukan dana hingga 200 jutaan, untuk menebus satu set mesin lengkap dengan pemasangan.

Baca juga mesin spray drayer pembuat aneka minuman instan