Analisa Usaha Budidaya Kroto Rumahan

Dahulu, demi untuk mendapatkan kroto berkualitas, banyak orang yang rela terjun ke hutan-hutan demi mencari kroto terbaik. Akan tetapi, karena permintaan kroto kini telah banyak dan tidak memungkinkan lagi jika harus mencari setiap hari maka ada peluang usaha yang bisa dijadikan bisnis menggiurkan yaitu usaha budidaya kroto rumahan.

Adapun semut yang digunakan adalah semur rangrang. Jenis semut ini tergolong sangat mudah dibudidayakan dan jenis kroto dari rangrang ini pun merupakan makanan pokok dan paling berkualitas bagi burung kicauan.

Dari dulu hingga kini banyak orang yang gemar memelihara burung. Salah satu yang dinikmati dari burung adalah kicauannya. Banyak burung di Indonesia yang memiliki kicauan yang cantik. Oleh sebab itulah berbagai jenis burung pun dibudidayakan dan dijadikan peluang usaha tertentu.

Seiring dengan banyaknya permintaan terhadap burung dan demi menjaga kualitas kicauan burung maka para kicaumania membutuhkan suplemen yang seimbang untuk burungnya. Dan suplemen tersebut adalah kroto. Selain itu kroto juga sering di gunakan para penghobi memancing sebagai bahan umpan tambahan yang di campur dengan pakan ikan.

Baca juga artikel Peluang Usaha Jualan Burung Kicauan

Permintaan kroto yang begitu banyak dengan ketersedian stok yang tidak mencukupi, maka tidak heran harga kroto pun sangatlah tinggi di pasaran saat ini. Jika anda berniat menjalankan usaha budidaya ini maka sekaranglah waktu yang tepat untuk memulai.

Menyiapkan Media Toples

peluang usaha budidaya kroto

Advertisement

Budidaya kroto rumahan tergolong sangat mudah dilakukan dimanapun dan oleh siapapun. Hanya dengan mengandalkan media toples pun anda sudah bisa membudidayakan kroto di rumah. Anda bisa menggunakan toples sosis atau toples apa saja bisa digunakan. Selain itu, anda pun hanya perlu menyiapkan rak yang akan digunakan untuk meletakkan toples-toples nantinya.

Menyiapkan Ratu Semut

Kunci keberhasilan dari budidaya kroto rumahan adalah ratu semut. Untuk budidaya kroto ini tidak akan bisa maksimal jika anda tidak memiliki ratu semutnya. Namun, anda tidak perlu khawatir. Sebab anda bisa saja menemukan ratu rangrang dengan mudah. Baik di hutan, halaman rumah, atau pohon-pohon dekat rumah anda. Bahkan, saat ini untuk mendapatkan ratu rangrang anda bisa membelinya dari peternak rangrang yang telah lama menekuni budidaya kroto rumahan.

Jika anda sudah menemukan rangrang maka anda bisa meletakkan di dalam toples tadi. Hal yang perlu anda siapkan adalah air gula dan juga serangga atau jangkrik mati sebagai sumber makanannya. Secara umum, semut rangrang dalam satu koloni bisa menghasilkan 1 kg kroto dalam 10-20 hari. Anda bisa membayangkan jika anda memiliki 100 toples yang masing-masing menghasilkan 1 kg dalam 20 hari. Tentu hal ini dapat menjadi solusi bagi anda yang ingin menekuni budidaya kroto rumahan.

Pemasaran Kroto

Saat ini banyak terdapat para pengepul yang bersedia menampung hasil ternakan kroto dari para pembudidaya, kita bisa dengan mudah menghubungi mereka untuk membeli hasil panen kroto kita. Akan kekurangan memasarkan dengan cara ini adalah harga jual yang agak rendah, sebabnya para pengepul pun membutuhkan keuntungan.

Jika memungkinkan, memasarkan sendiri hasil budidaya kroto merupakan cara terbaik untuk menghasilkan keuntungan yang besar. Kita bisa langsung mendatangi kios-kios yang menjual burung kicauan serta perlengkapannya.