Analisa Usaha Budidaya Ikan Hias Air Tawar

Negara Indonesia adalah negara maritim dengan hasil laut yang melimpah. Tidak hanya ikan untuk dikonsumsi, tetapi juga ikan hias. Negara Indonesia dianugrahi oleh keanekaragaman hayati yang luar biasa. Hal ini membuat Indonesia menjadi eksportir ikan ke negara – negara lain.

Peluang bisnis ikan hias air tawar bisa menghasilkan keuntungan yang luar biasa. Hingga saat ini saja ikan hias air tawar adalah jenis komoditas ekspor non-migas bidang perikanan yang dapat menghasilkan devisa negara yang cukup tinggi.

Ikan hias selalu memiliki penggemarnya. Daya tarik ikan hias ini dapat terletak pada perpaduan warnanya yang indah. Selain itu juga dengan bentuk dan tingkah lakunya yang beda dan unik. Ikan hias juga mempunyai daya tarik artistis tersendiri bagi mereka pecinta keindahan serta kelangkaan ikan hias tersebut.

Untuk harga ikan hias sendiri tidak bisa diputuskan secara pasti. Harga ikan sesuai dengan keindahan warna dan juga kelangkaan ikan tersebut. Ada juga ikan yang dianggap beberapa orang sebagai pembawa keberuntungan, dihargai dengan harga yang tinggi.

Berikut ini beberapa kebutuhan untuk perkembang biakan ikan hias air tawar.

Advertisement

Wadah atau kolam pemeliharaan

Wadah yang digunakan dapat anda sesuaikan dengan jenis ikan. Anda dapat menggunakan lahan yang tersedia untuk perkembang biakan ikan hias air tawar ini.

Wadah untuk budidaya ikan hias air tawar yang umum adalah akuarium, kolam ikan dari semen, kolam ikan plastik/terpal, atau bisa juga dengan aquarium fiber glass berbagai ukuran. Anda dapat menggunakan air yang mengalir atau air yang menggenang. Cukup anda sesuaikan dengan jenis ikan yang ingin anda kembangkan.

Pakan ikan

Pakan ikan hias biasanya terdiri dari pakan alami dan juga pakan buatan. Jenis pakan buatan sebenarnya juga merupakan olahan pakan alami. Pakan alami yang biasa diberikan adalah jentik nyamuk, kutu air, serangga, dan lainnya. Untuk pakan buatan bisa anda sesuaikan dengan jenis dan umur ikan.

Calon indukan ikan hias

Untuk menghasilkan ikan hias yang berkualitas, diperlukan ikan hias jantan dan betina yang berkualitas. Induk yang dipilih haruslah induk yang sudah siap untuk bereproduksi. Induk jantan dan betina harus memiliki umur yang telah cukup dan sudah matang gonad.