Analisa Usaha Angkutan Kota

Usaha angkutan kota atau sering disebut angkot sangat di butuhkan di kota-kota besar, kebutuhan masyarakan akan tranpotrasi akan selalu di perlukan untuk menunjang kegiatan sehari-hari. Untuk menjalankan ini sebetulnya sangat mudah, kita membutuhkan unit mobil angkot yang sudah memiliki izin trayek dan juga sopir yang menjalankannya, selanjutnya setiap hari sopir harus menyetorkan kepada kita dengan angka yang sudah di sepakati sebelumnya. biaya penggunaan BBM setiap harinya umumnya di tanggung sopir sedangkan biaya perawatan kendaraan akan menjadi tanggung jawab pemilik angkot.

Dengan begitu usaha ini termasuk praktis di jalankan bahkan bisa di kerjakan sebagai usaha sampingan. Dan juga usaha seperti ini tidak memerlukan promosi untuk menjalankannya, asal kendaraan berjalan sesuai trayek nya maka penumpang akan didapatkan. Hanya yang harus menjadi perhatian adalah menejemen di dalam usaha itu sendiri, seperti sopir yang amanah dan jujur dan pengaturan biaya untuk perawatan kendaraan, dengan digunakan setiap hari dalam jarak tempuh yang panjang, maka perawatan kendaraan harus diperhatikan maksimal. Selain itu usaha ini tinggal dijalankan dan menghasilkan keuntungan.

usaha angkutan umum atau angkot

Advertisement

Modal yang di perlukan untuk membeli satu unit angkutan umum lengkap dengan izin trayek berkisar antara 150 – 190 juta an, unit jenis kendaraan nya sendiri terbilang biasa hanya yang membuat harganya menjadi mahal adalah pengurusan surat izin trayek. Pembelian kendaraan dapat kita gunakan sistem kredit dengan biaya DP sekitar 90 – 100 juta sisanya di cicil yang berkisar 3 jutaan setiap bulannya selama 3 th. Akan tetapi pembelian unit angkot baru tidak selalu tersedia di setiap wilayah, jika trayek di suatu daerah sudah penuh maka unit baru pun tidak akan tersedia, jika begitu anda hanya bisa mencari unit bekas yang akan dijual pemilik sebelumnya.

Usaha ini rata-rata bisa bejalan dengan baik dan menghasilkan keuntungan, namun jika kita hanya memiliki satu unit kendaraan keuntungan yang didapatkan hanya sedikit saja, jika akan serius menjalankan usaha ini persiapkan dana untuk setidaknya membeli 3 unit angkot, dengan begitu keuntungan pun akan lumayan didapatkan. Terpenting menejemen usaha harus di perhatikan, Setiap harinya kita akan mendapatkan uang setoran tetapi jangan sampai lupakan kita juga kedepannya membutuhkan perawatan kendaraan, jadi hendaknya kita mengatur keuangan dengan baik, agar di saat memerlukan biaya perawatan kendaraan dananya tersedia, sehingga usaha bisa terus berjalan.