Analisa Peluang Usaha Toko Alat Listrik

Membuka usaha toko memang menjadi salah satu bidang yang di favoritkan, alasannya karena menjalankan usaha seperti ini cukup mudah di lakukan. Cukup menjual barang yang di butuhkan, memiliki tempat strategis, lalu keuntungan pun pasti akan bisa di dapatkan.

Barang yang di butuhkan jenisnya cukup beragam, kita bisa analisa sesuai dengan kebutuhan diwilayah toko didirikan. Yang pada artikel kali ini akan kita bahas adalah usaha toko alat listrik, bagaimana peluangnya ? berikut ulasannya.

Analisa Prospek Usaha Toko Peralatan Listrik

peluang usaha toko alat listrik

Seperti kebutuhan pokok, sebagian dari peralatan listrik ini dapat di kategorikan barang kebutuhan utama. Seperti lampu misalnya, saat di rumah kita terdapat lampu yang rusak mau tidak mau kita harus menggantinya. Begitu pula peralatan seperti kabel, steker listrik atau colokan yang di perlukan untuk menyalakan alat elektronik lainnya.

Jadi bagaimana bisa kebutuhan seperti diatas bisa di tangguhkan…?

Itu baru sedikit contoh saja, belum lagi pada saat membangun tempat tinggal yang pastinya akan membutuhkan aneka peralatan listrik yang lebih lengkap.

Ditambah lagi dengan peralatan listrik di rumah-rumah ini sifatnya juga memiliki masa batas pemakaian, artinya peralatan-peralatan listrik ini juga di butuhkan secara rutin untuk mengganti jikalau terdapat kerusakan. Dengan begitu untuk usaha ini repeat order dari konsumen sangat bisa terjadi.

Dari sedikit analisa di atas juga sudah cukup beralasan bahwa menjalankan usaha toko peralatan listrik ini bisa cukup menguntungkan, asalkan di barengi dengan menjalankannya secara serius maka akan cukup bisa menjadi andalan menghasilkan rupiah.

Baca juga analisa peluang usaha jualan perabotan rumah tangga

Advertisement

Langkah Memulai Usaha Toko Listrik

Ingin memulai usaha ini, pertama yang harus di siapkan adalah lokasi usaha yang strategis untuk di jadikan toko. Dan selanjutnya yang harus disiapkan sekaligus menjadi salah satu kendala menjalankan usaha ini adalah modal yang di perlukan lumayan besar.

Pasalnya, harga rata-rata peralatan listrik ini memanglah berharga tinggi, ditambah juga dengan cukup banyaknya aneka ragam barang yang harus di persiapkan.

Jika di perkirakan, modal yang di perlukan untuk isi toko ialah berkisar antara 20-50 jutaan itu baru untuk toko listrik berskala kecil menengah, jika ingin membuat toko yang lebih besar dana hingga 100 jutaan harus kita miliki.

Jika modal sudah siap, sekarang ini langkah untuk memulainya cukup mudah, karena banyak para penyedia peralatan listrik skala grosir yang menawarkan sistim perpaket untuk usaha ini. Sehingga kita tidak perlu repot lagi memilih-milih mana barang yang harus di jajakan.

Baca juga peluang usaha toko elektronik yang kian menarik

Tips Menjalankan Usaha Toko Listrik

Seperti menjalankan usaha toko-toko lainnya, untuk sukses berjualan peralatan listrik ini pun strateginya hampir sama. Misalnya seperti pelayanan yang maksimal kepada setiap pelanggan, menerapkan harga jual yang tidak terlalu tinggi, disiplin membuka toko, dan lain sebagainya.

Utamanya dalam menjalankan usaha sistim toko seperti ini, bagaimana caranya agar kita memiliki banyak pelanggan tetap, bukan hanya pembeli yang berbelanja sekali saja. Karena berbeda jika pembeli sudah menjadi pelanggan, maka setiap dia membutuhkan peralatan listrik toko kitalah yang akan di datangi, bukan toko kompetitor.

Artinya, pelanggan ini adalah pembeli yang puas dengan pelayanan dan kualitas barang yang kita jual.

Bagaimana cara mendapatkannya ? Tidak ada cara lain lagi selain kita harus memberikan layanan maksimal, di dukung dengan ketersediaan barang dagangan yang lengkap, juga berkualitas. sehingga setiap pembeli yang berbelanja merasa puas dan berlanjut menjadi pelanggan tetap.

Baca juga 7 hal yang tidak boleh dilakukan kepada pelanggan