Analisa Peluang Usaha Mainan Anak Edukatif

Mainan anak edukatif bisa menjadi peluang usaha yang menguntungkan saat ini, karena banyak kalangan yang menilai mainan ini sangat membantu berperan meningkatkan kecerdasan anak. Sebabnya mainan ini sengaja dirancang untuk melatih otak anak dan juga sekaligus memberikan hiburan kepada anak, sehingga anak selain menikmati kesenangan bermain, mereka juga mendapatkan ilmu yang bermanfaat.

Jika dilihat dari materilal bahan yang digunakan, mainan anak edukatif ini kebanyakan menggunakan bahan kayu sebagai bahan utamanya. Bahannya populer dengan sebutan MDF, sejenis triplek tetapi lebih halus karena dibuat dari bubuk kayu. lalu di bentuk sesuai desain yang akan di buat dan di finishing menggunakan cat khusus yang bahannya aman untuk anak-anak.

Proses Produksi

Pembuatannya memang memerlukan keterampilan khusus, karena pembentukan mainan yang bermacam-macam. Jika kita tidak memiliki keterampilan tersebut kita bisa menyiasati dengan merekrut karyawan yang sudah berpengalaman. Umumnya karyawan yang memilki keahlian di bidang mebel atau furniture bisa membuat mainan edukatif ini. Selain itu mesin juga harus kita persiapkan untuk produksi mainan anak ini, yang umumnya digunakan seperti mesin potong kayu, mesin bubut untuk kayu, spray gun untuk cat dan perlengkapan lainnya.

mainan edukatif anak

Advertisement

Secara umum proses produksi  ini tidaklah terlalu sulit, terlebih jika anda memiliki sumber daya yang memadai, apalagi jika kita sendiri mempunyai ketermapilan untuk membuatnya. Desain yang akan dibuat pun bisa kita tiru dari produk yang sudah ada dipasaran, hanya sedikit kita pelukan modifikasi agar mempunyai nilai lebih, sehingga bisa bersaing di pasaran.

Pemasaran Produk

Untuk pemasarannya sekarang ini mainan edukatif sering di temui di tempat mainan-mainan umum, tidak ada toko khusus yang menyediakannya. Sehingga kita bisa dengan mudah memasarkan mainan ini, bahkan di dunia online pun sudah ada yang menawarkan mainan anak edukatif ini. Selain langsung menjual kepasaran, bisa juga kita menawarkan mainan ini ke sekolah-sekolah seperti SD, TK, Playgroup. Lembaga pendidikan seperti ini sangat cocok menggunakan mainan edukatif untuk bahan pembelajaran kepada siswa-siswanya.

Melihat pasar yang cukup luas tersebut maka peluang usaha ini sangat berpotensi mendapatkan keuntungan yang besar, dan lagi jika kita perhatikan belum begitu banyak juga pelaku usaha yang membuat mainan seperti ini sehingga persaingan nya tidak akan terlalu ketat. Untuk pemasaran produk bisa anda baca di artikel Stratergi promosi Cara Memasarkan Produk Dan Jasa Yang Baru