Analisa Peluang Usaha Jasa Cleaning Service

Peluang usaha cleaning serviceSebagian dari pembaca mungkin masih asing dengan usaha jasa cleaning service, karena memang baru-baru ini usaha tersebut mulai ramai di bicarakan terutama di kota-kota besar. Mengapa usaha ini mulai naik pamornya… ? Sekarang ini di kota-kota besar yang perkembangan nya pesat seperti Jakarta, Bandung, Surabaya dan lain-lain semakin banyak gedung-gedung bertingkat atau bangunan besar lainnya, seperti Gedung perkantoran, apartement, hotel, Mall dan lain-lain. Pemerintahan di kota-kota besar tersebut menetapkan upah untuk karyawan dengan UMR  minimal yang cukup tinggi, rata-rata di atas 2jt. Jika di hitung-hitung, perusahaan mempekerjakan karyawan untuk tugas cleaning service saja tidak cukup 1 orang, karena pekerjaan ini cukup berat. Maka dari itu banyak sekarang ini perusahaan yang dari pada merekrut karyawan untuk tugas cleaning sevice, lebih baik menggunakan jasa dari pihak lain yaitu jasa cleaning service. Belum lagi untuk merekrut seorang karyawan saja sebuah perusahaan harus menyiapkan prosedur yang panjang, dan juga harus mempersiapkan biaya tunjangan, asuransi dan lain sebagainya, maka dari itu menggunakan jasa cleaning service tentu menjadi lebih praktis dan murah, yang rata-rata perbulan biaya jasa cleaning service itu berkisar sekitar -+ 3 juta an. Ini yang membuat usaha cleaning service semakin diminati karena pengguna layanan ini semakin banyak.

Apa Saja Yang Harus Dipersiapkan Untuk Memulai Usaha Ini ?

Karena Usaha ini nantinya akan banyak berhubungan dengan perusahaan kelas menengah dan besar, maka sebisa mungkin untuk anda yang berencana menjalankannya buat agar usaha anda terlihat seprofesional mungkin. Jika mempunyai kantor khusus untuk melayani calon konsumen anda tentu akan menjadi lebih baik, bisa dengan mengontrak tempat atau bila memungkinkan sebagian ruangan rumah dijadikan kantor juga tidak masalah. Lalu anda bangun agar usaha anda terlihat meyakinkan, dengan cara merekrut karyawan yang berpengalaman, menyiapkan peralatan yang berkualitas, pengurusan izin usaha dan juga buatlah website yang profesional untuk menembah kesan usaha anda meyakinkan.

Advertisement

Berapa Modal Yang Dibutuhkan ?

Untuk modal usaha jasa cleaning service ini dibutuhkan modal dengan kategori usaha menengah, berikut perkiraan modal yang di butuhkan :

  • Biaya untuk sewa tempat ( jika diperlukan ) Rp. 10.000.000
  • Biaya Pengurusan izin Usaha                            Rp. 1.000.000
  • Biaya pembelian peralatan                                Rp. 10.000.000
  • Biaya pembuatan website                                  Rp. 1.000.000
  • Biaya Lainnya                                                       Rp. 3.000.000
  • Total                                                                   Rp. 25.000.000

Jika harga pelayanan jasa rata-rata sebesar 3 juta/bln, dan anda memiliki 10 klien saja, maka omset yang anda peroleh sebesar 30 juta per bulannya. tetapi itu belum dipotong untuk gaji karyawan dan biaya transport.

Bagaimana Memasarkan Jasa Anda ?

Bagaimana anda tertarik untuk menjalankan usaha jasa cleaning service ini, jika tertarik anda harus persiapkan juga strategi untuk memasarkan jasa anda agar target 10 klien atau bahkan lebih bisa tercapai. Salah satu cara yang jitu, adalah memasarkan jasa anda melalui media internet. Saat ini perusahaan-perusahaan pasti familiar dengan internet, jika usaha anda mudah di temukan di internet maka akan sangat menguntungkan. Untuk tahap awal anda bisa menggunakan pemasaran online menggunakan google adword, agar website anda bisa dengan cepat tampil di halaman depan google dengan keyword yang anda pilih, setelah itu baru di tambah dengan cara pemasaran online yang lainnya. Selain itu anda bisa memasarkan usaha jasa cleaning service dengan cara mendatangi langsung perusahan yang anda tuju, dan ditambah juga dengan menyebarkan iklan baris di media massa terkenal di kota anda. Dengan promosi secara terus menerus dipastikan usaha anda akan mendapatkan pelanggan serta mendapat keuntungan.

Untuk mendapatkan pelanggan anda bisa baca artikel ini : Cara Mendapatkan Pelanggan Dan Mempertahankannya