Analisa Peluang dan Modal Usaha Salon Anak

Meski baru pesat berkembang di kota-kota besar, peluang usaha salon anak semakin marak bermunculan setiap saat. Yang tadinya hanya satu atau dua tempat sekarang keberadaannya terus bertambah dengan mengusung konsep yang semakin beragam.

Bagi anak-anak memang aktifitas potong rambut di salon merupakan salah satu hal yang kurang disenangi, sehingga salon khusus anak-anak yang menawarkan suasana berbeda dari pada salon pada umumnya bisa menarik minat mereka untuk datang.

Suasana dibuat khusus untuk kenyamanan anak-anak menjadi konsep utama dari bisnis salon ini. Dari mulai ruangan yang berwarna-warni lengkap dengan ornamen berbagai karakter kartun, kursi potong rambut yang dibuat khusus dengan desain seperti mobil-mobilan, bahkan ada yang menyediakan perangkat bermain game lengkap dengan layar LCD.

Ruangan seperti itu tentunya membuat anak-anak tidak akan lagi merasa bosan atau malas saat tiba waktunya memotong rambut.

Usaha Salon Anak

Melihat peluang yang begitu potensial seperti inilah yang menjadi latar belakang maraknya bermunculan salon potong rambut khusus anak-anak ini. Selain itu, karena target pasar konsumennya memang dari kalangan masyarakat menengah keatas, maka tarif potong rambut di salon seperti ini tentunya bisa jauh lebih tinggi, sehingga juga menawarkan tingkat laba yang besar. Namun tentu saja dibarengi dengan pemberian service atau layanan yang memadai.

Advertisement

Tidak seperti kapster di salon umum, sang pemotong rambut di salon anak juga perlu dibekali keterampilan khusus dalam menghadapi anak-anak yang pada umumnya bereaksi bermacam-macam saat akan dipangkas. Seperti gerak kesana-kemari, berlari-lagi, bahkan mungkin ada juga yang hingga menangis. Selain itu, pastinya merekapun harus dibekali berbagai informasi trend terbaru bagaimana gaya rambut anak-anak yang sedang digemari.

Bagaimana dengan perkiraan modal bisnis salon anak ini ?

Berbicara modal tentunya relatif, karena konsep usaha ini menawarkan kenyamanan tempat untuk menggaet pelanggan maka biaya modal terbesar tentu dihabiskan untuk mendesain ruang serta interior pendukung agar maksimal.

Sebagai gambaran, saat ini tidak sedikit salon anak yang sudah berjalan menawarkan paket franchise atau waralaba bagi orang yang berminat menjalankan usaha ini. Nilai waralabanya beragam, dari mulai 100 jutaan hingga salon anak yang telah memiliki nama tenar seperti KiddyCuts menawarkan harga franchise lebih dari tiga kali lipat nilai diatas.

Besaran harga tersebut rata-rata sudah termasuk dukungan lengkap dari mulai saran pemilihan lokasi, desain ruang salon, pelatihan teknis memotong rambut anak, hingga promosi.

Baca Juga :

Pilihan membuka bisnis salon anak dengan cara membeli waralaba dari brand yang telah dikenal merupakan opsi bagi anda yang tidak mau direpotkan pada saat awal membangun usaha. Sedangkan jika kita berniat membuka usaha secara mandiri tentu saja masih sangat mungkin dilakukan. Dengan begitu besaran modal yang perlu dikeluarkan pastinya bisa lebih bisa disesuaikan dengan kemampuan.