Analisa Modal Usaha Warnet Dan Game Online

Modal usaha warnet dan game online terbilang sangat murah. Untuk membuka usaha warnet anda hanya membutuhkan beberapa perlengkapan komputer dan pendukungnya. Mulai dari tempat hingga peralatan komputer itu sendiri. Akan tetapi, ada hal yang paling utama yang harus dipahami secara jelas bagi anda yang akan menekuni usaha ini.

Bisnis usaha warnet memang masih sangat menjanjikan keuntungan yang besar. Seiring dengan banyaknya orang yang sadar akan pentingnya internet maka peluang usaha bisnis warnet selalu menggiurkan. Terlebih lagi saat ini banyak anak-anak muda yang ketagihan dengan game online.

Terlepas dari tujuan mereka bermain game online, ternyata kegemaran bermain game di internet ini mampu mendatangkan konsumen yang besar. Akan tetapi, sayangnya banyak pengusaha warnet yang kurang all out dalam menjalankan bisnis yang satu ini.

modal usaha warnet

Agar meraih kesuksesan besar, pengusaha internet harus benar-benar memiliki analisa modal usaha warnet yang jelas dan sempurna. Bukan analisa yang berdasarkan kira-kira saja. Dan berikut adalah modal usaha warnet dan game online yang harus diperhatikan.

Modal awal warnet

Untuk membuka warnet dibutuhkan unit komputer yang lengkap. Bila perlu, untuk menjaga kualitas dan layanan anda bisa membeli komputer yang memiliki spesifikasi tinggi. Hal ini berguna dalam loading komputer dan internet itu sendiri. Terlebih lagi apabila anda ingin fokus membuka layanan game online. Tentu hal ini sangat memerlukan komputer yang memiliki RAM dan graphic yang cukup tinggi.

Namun, untuk awal mula, anda bisa membeli kurang lebih tiga sampai lima komputer dulu. Saat ini harga unit komputer kurang lebih adalah 1.700.000 (ukuran second). Untuk proses awal tidak ada salahnya anda membeli komputer second. Tapi, jika anda memiliki modal yang cukup maka akan lebih baik jika komputernya baru.

Advertisement

Selain komputer, modal awal warnet yang utama adalah perlengkapan seperti meja, kipas angin/AC, Stabilisator motor 1000 watt, modem USB, kabel perpanjangan USB kurang lebih 10 meter, antena pemancar (jika menggunakan wifi), triplek/kayu (untuk sekat), alas lantai, colokan listrik, buku (jika diperlukan), kertas, printer, scan, serta tempat yang layak dan nyaman.

Aspek pengelolaan bisnis

Lebih dari itu ada hal yang lebih penting yaitu pengetahuan tentang cara pengelolaan bisnis warnet. Modal usaha warnet akan cepat kembali apabila bisnis warnet dan game online dikelola dengan manajemen yang marketable. Untuk menjaring konsumen yang tepat sasaran, anda bisa menargetkan anak muda atau anak sekolah dan anak kuliahan. Sebab, untuk usia yang banyak melibatkan internet adalah mereka yang fokus di bidang akademik.

Selain target pasaran, usahakan tempat warnet terletak di pusat keramaian. Akan lebih baik lagi jika tempat tersebut di tepi jalan atau tempat yang mudah dijangkau. Mayoritas pengusaha warnet jarang memperhatikan aspek ini. Untuk itu, akan lebih baik lagi apabila tempat warnet yang anda dirikan adalah kepunyaan pribadi. Artinya, anda tidak perlu mengeluarkan biaya sewa tempat.

Selain aspek marketing, hal yang harus diperhatikan lagi adalah karyawan. Agar modal usaha warnet dan game online tidak semakin membengkak, akan lebih baik apabila tidak menggunakan jasa karyawan. Memang membutuhkan tenaga yang lebih ekstra untuk menjaga mobilitas warnet.

Akan tetapi, apabila memang dibutuhkan untuk menyewa karyawan, sebisa mungkin anda memilih mereka yang sudah berpengalaman di bidang IT. Jadi, tugas karyawan tersebut tidak hanya menjaga tetapi juga merawat apabila ada error baik komputer atau jaringan. Dan akan lebih baik lagi apabila karyawan yang anda rekrut adalah orang IT yang berpengalaman di bidang game online atau internet marketing. Hal ini akan menambah income dan kualitas pelayanan bisnis warnet dan game online yang anda kembangkan. Baca juga artikel Tips Memenangkan Persaingan Dalam Usaha Warnet