Analisa Modal Usaha Antar Jemput Anak Sekolah

Usaha antar jemput anak sekolah termasuk kedalam kategori usaha menengah, karena memerlukan modal yang cukup lumayan, tentu yang paling membutuhkan dana yang besar adalah untuk meyediakan kendaraan sebagai modal utama, akan tetapi itu bisa saja di siasati dengan cara membeli kendaraan dengan sistim kredit, dan untuk menekan modal agar lebih ringan bisa juga dengan membeli kendaraan bekas dengan tahun pembuatan yang masih muda. Kita tingal menyiapkan untuk biaya DP kendaraan dan cicilan tiap bulannya bisa di dapatkan dari hasil kita menjalankan usaha.

Berikut ini kami simulasikan perkiraan perhitungan modal usaha beserta pendapatan keuntungannya :

Modal Kendaraan (bekas)  Rp. 100.000.000

  • Dp kendaraan 30% Rp. 30.000.000
  • Cicilan bulanan ( 48x) Rp.1.900.000

Bahan Bakar Kendaraan  Rp. 50.000 / hari = 1.250.000 / bulan

Gaji Sopir Rp. 1.000.000

Biaya Lain-lain Rp. 1.000.000

Total Biaya Bulanan Rp. 5.150.000

modal usaha antar jemput anak sekolah

Advertisement

Perkiraan pendapatan bulan jika kita bisa mendapatkan 16 anak ( 2x angkut) yang menggunakan jasa antar jemput, dengan biaya kurang lebih Rp600.000 / anak maka didapatkan Rp.9.600.000 / bulan. Maka jika di potong biaya bulanan akan menyisakan sejumlah Rp. 4.450.000/bln.

Namun untuk biaya yang kita kenakan bisa saja berbeda itu tergantung wilayah tempat anda menjalankan usaha. Dan biaya modal diatas masih banyak yang bisa disiasati agar lebih ringan, seperti contohnya biaya membeli kendaraan, dan biaya bahan bakar jika kita bisa mengatur rute antar jemput anak agar jarak yang di tempuh lebih dekat. Atau bisa juga pendapatan kita usahakan lagi agar bisa menghasilkan lebih yaitu misalnya dengan cara melayani antar jemput dijam sekolah siang misalnya, atau anda bisa pikirkan peluang lain sambil menjalankan usahanya.

Pengembangan usaha ini tentunya masih sangat terbuka lebar, karena perhitungan di atas hanyalah jika kita mempunyai 1 unit kendaraan, sedangkan siswa satu sekolahan bisa ratusan orang jumlahnya, bahkan jika memungkinkan kita bisa saja mengembangkan dengan cara melayani siswa sekolah lainnya yang masih satu wilayah dengan lokasi kita, sehingga kita bisa mendapatkan tambahan penghasilan tanpa harus mengeluarkan biaya bahan bakar yang lebih besar. Analisa peluang usahanya bisa anda baca di artikel Peluang Usaha Antar Jemput Anak Sekolah