Amankan Transaksi Internet Banking Anda Dengan Cara ini

Perkembangan dalam dunia perbankan kini telah maju pesat, beberapa tahun kebelakang untuk bertransaksi saja nasabah harus rela mengantri dalam waktu yang lama di teller bank, sekarang jika hanya ingin melakukan transfer dana, cek saldo dan beberapa transaksi lainnya bahkan kita dapat melakukannya dari rumah saja dengan menggunakan internet banking.

Tentu sangat memudahkan, apalagi di jaman sekarang setiap orang memiliki kesibukan yang cukup padat, sangat disayangkan jika waktu terbuang percuma hanya untuk menunggu antrian atau pergi mencari ATM saja.

Namun begitu belakangan kemudahan untuk bertransaksi perbankan dengan menggunakan Internet banking tersebut mulai di hantui dengan rasa tidak aman dari banyak penggunanya. Pasalnya kini tidak sedikit para nasabah bank yang terkena kejahatan yang mentargetkan pengguna internet banking. Akibatnya bisa sangat fatal, saldo uang yang kita simpan di bank bisa raib tak tersisa.

Meski tentu saja pihak bank seiring waktu selalu senantiasa meningkatkan program keamanannya untuk menangkal kejahatan dalam dunia maya ini. Namun, para pelaku kejahatan pun tidak terus tinggal diam, mereka juga selalu mencari celah yang dapat dimanfaatkan untuk memperkaya dirinya dengan cara yang tidak bertanggung jawab.

Kita sebagai nasabah yang selalu aktif menggunakan fasilitas Internet Banking, sebaiknya juga tidak hanya mengandalkan keamanan dari bank saja untuk menghindarinya. Ada beberapa tips dari kami untuk mengamankan transaksi Internet Banking anda dibawah ini.

  • Usahakan Gunakan Perangkat Pribadi

Perlu di ingat, setiap perangkat yang terhubung ke internet baik itu berupa komputer, hp, tablet dan lain-lain, umumnya selalu menyimpan riwayat aktifitas penggunanya. Seperti histori penjelajahan internet termasuk juga jika kita memasukan login dan password ke situs tertentu. Jika perangkat yang kita gunakan sifatnya umum atau sering dipergunakan orang lain, riwayat penting tersebut dapat dengan mudah di ketahui.

Meski riwayat yang tersimpan dapat kita hapus setelah kita bertransaksi, namun untuk lebih amannya sebaiknya usahakan gunakan selalu perangkat pribadi untuk bertransaksi melalui Internet Banking.

  • Hindari Menggunakan Jaringan Wifi Umum

Begitupun dengan jaringan untuk mengakses internet di perangkat, sebaiknya saat bertansaksi penting seperti menggunakan Internet Banking, hindari menggunakan jaringan wifi publik yang dapat di akses siapa saja. Pasalnya saat perangkat terhubung ke Wifi tersebut, dalam jaringan wifi yang sama bisa saja ada orang yang memanfaatkannya untuk mencuri data anda atau menyebarkan virus ke perangkat.


  • Pastikan Bertansaksi di Website Bank yang Benar

Sering kali terjadi pelaku kejahatan pada Internet Banking menipu penggunanya dengan cara membuat website bank tiruan yang tampilannya sama persis dengan aslinya. Jika pengguna kurang teliti dan bertransaksi di situs tipuan seperti ini, semua data login bisa mereka dengan mudah.

Untuk mengatasinya, biasakan setiap akan menggunakan internet banking memeriksa kotak Address Bar pada browser pastikan menunjukan alamat Url bank yang benar dan umumnya juga di tandai dengan icon gembok berwarna hijau sebagai tanda aman digunakan.

Baca Juga Artikel Langkah Mengantisipasi Penipuan, Untuk Penjual Online

  • Lengkapi Perangkat Dengan Anti Virus Terupdate

Ada baiknya juga perangkat yang sering digunakan untuk bertransaksi Internet Banking kita lengkapi dengan program anti virus yang selalu terupdate. Virus, Malware, Trojan di dunia internet dapat menyerang perangkat yang terhubung kapan saja, dan tidak sedikit diantaranya yang memilki fungsi mencuri data-data penting untuk diketahui sang penyebarnya.

  • Gunakan Password yang Sulit Ditebak, dan Ganti Secara Berkala

Hindari penggunaan Password yang mudah di tebak orang lain, seperti angka atau abjad berurutan, angka tanggal lahir, dan sejenisnya. Paling baik ialah menggunakan angka password secara acak dan tidak cukup sampai disitu, kita pun sebaiknya merubahnya secara rutin dan berkala. Bisa satu minggu sekali, dua minggu sekali atau sebulan sekali.

Baca Juga Artikel Mengenal Uang Elektronik (E-Money) Serta Untung Rugi Menggunakannya

  • Segera Kontak Bank Jika Ada Aktifitas Mencurigakan

Bilamana terlanjur kita mengalami kejadian yang mencurigakan saat menggunakan Internet Banking dan tidak tahu cara untuk mengatasinya, tidak perlu sungkan untuk segera menghubungi kontak Bank yang bersangkutan. Diharapkan jika kita dengan cepat melaporkan, pihak bank dapat dengan cepat mengatasinya. Bila perlu kita dapat meminta memblokir rekening untuk sementara agar tidak dapat digunakan transaksi oleh siapapun.