8 Ciri Yang Harus Kamu Miliki Untuk “Sah” Sebagai Calon Pengusaha Sukses !

Siapa sih yang tidak ingin bisnis atau usahanya sukses dan berkembang besar ? Tentunya hal seperti itu pasti menjadi harapan setiap orang yang memiliki usaha dalam bidang apapun. Dalam usaha memajukan bisnis, tentu bukan hal yang mudah untuk semua orang. Selain dibutuhkan usaha yang keras, kamu juga harus memiliki sifat konsisiten dalam mengurus bisnismu, dan terkadang jika kamu tidak memiliki motivasi tinggi, maka akan sulit juga untuk mencapai impian mu.

Suksesnya usaha kamu dalam berbisnis tidak mesti berawal dari sesuatu yang hebat. Justru malah hal sederhana bisa juga mengantarkanmu pada kesuksesan. Hal sederhana seperti itu, selain bisa mengantarkanmu pada keberhasilan, juga mudah untuk kamu jalankan. Misalnya saja seperti ide, hobi, atau apapun yang menginspirasi kamu dalam memulai usaha bisa menjadi awal usaha bisnis buat kamu.

Nah, dari sekian banyaknya pebisnis yang sukses di dunia ini, pastinya mereka itu sudah memiliki beberapa ciri-ciri tertentu yang menandakan kesuksesan mereka. Bahkan ada yang sudah merasakan tanda-tandanya di awal perjalanan bisnis. Dan ngomong-ngomong, apa saja sih ciri-ciri calon pengusaha sukses yang akan kamu rasakan jika ingin bisnismu sukses ? Oke deh, tanpa perlu berpanjang-panjang lagi, langsung saja yuk, kita lihat ciri-ciri calon pebisnis yang sukses.

Adanya Minat Binsnis Dimasa Muda

Untuk apa menunggu tua kalau mau mau sukses? Sebuah kesuksesan itu justru harus di bangun ketika kamu masih muda. Karena selain kamu masih memiliki semangat yang menyala-nyala, kamu juga masih memiliki tenaga untuk menjalankannya bukan? Dan kamu juga masih memiliki kemampuan yang memadai untuk menjalankan bisnis kamu itu.

Banyak orang berkata, masa muda itu harus dimanfaatkan sebak-baiknya bukan? Nah, maka dari itu lah, selagi kamu masih bisa aktif,  kamu yang ingin sukses kini sebaiknya mulai membangun bisnis dari sekarang. Tidak perlu yang hebat-hebat sekali, kamu bisa berangkat dari sesuatu yang sederhana. Apa lagi dengan adanya fakta bahwa semakin sulitnya lapangan pekerjaan, maka segeralah beralih membangun bisnis untuk mencapai kesuksesanmu.

Kamu Tahan Dengan Berbagai Macam Cobaan

Saat ini impian untuk hidup di kota besar, memiliki pekerjaan bergengsi, dan mendapat upah yang tinggi, masih menjadi idealisme masyarakat hingga saat ini. Sehingga tak heran jika masyarakat masih mau untuk merantau kebeberapa kota besar untuk mendapatkan pekerjaan yang ada.

Nah, dengan masih tingginya keyakinan seperti ini, maka kalau kamu tidak tergoda, atau punya sudut pandang lain dalam meraih kesuksesan, maka kamu adalah orang yang hebat. Terkadang karena idealisme seperti ini masih tertanam kuat dalam benak masyarakat, kamu mau tidak mau juga akan ikut terpengaruh, padahal kamu yang ingin sukses harusnya berani untuk melawannya.

Mau Membangun Relasi Seluas Mungkin

Sebagai mahluk sosial, tentu kamu tidak bisa begitu saja bekerja sendiri dalam memajukan usahamu. Kamu akan membutuhkan beberapa atau banyak relasi untuk mendukung bisnis kamu agar sukses. Maka dari itu, mulai lah dari sekarang untuk mencoba membangun relasi sebanyak-banyaknya untuk mendapatkan dukungan.

Nah, hal seperti ini terkadang menjadi sulit untuk seseorang karena adanya beberapa penilaian pada pihak yang akan dijadikan relasi. Penilaian itu bisa berupa perasaan takut jika bisnisnya dicontek, disaingi, dimanfaatkan dan masih banyak lagi. Makanya, ayo deh, mulai dari sekarang buang jauh-jauh penilaian seperti itu kalau mau sukses.

Baca juga memetik pelajaran berbisnis dari chairul tanjung

Adanya Mindset “Orang Kaya”

Apa yang membedakan isi pikiran orang kaya dengan orang miskin ? Sebenarnya ini mudah saja untuk melihatnya. Mindset orang kaya itu memiliki mental dan pikiran sekuat baja. Yaitu di mana mereka berani bekerja keras, berpikir keras, serius dalam menjalani bisnisnya, sabar dalam melalui proses, dan mengevaluasi setiap pendapatan yang masuk.

Advertisement

Sedangkan mindset orang miskin yaitu adalah mereka yang menerima apa adanya terhadap apa yang telah digariskan pada hidup mereka. Mereka kurang keras dalam mendorong hidup mereka dan menganggap wirausaha adalah hal yang berisiko. Mereka juga lebih banyak memiliki pikiran negatif dan ketakutan dalam memulai wirausaha.

Mau Berkaca Pada Orang-Orang Yang Lebih Dulu Berhasil

Berkaca pada orang yang telah sukses lebih dulu bukan berarti kamu harus meniru usaha yang orang itu lakukan yah. Berkaca di sini maksudnya yaitu kamu mau belajar secara detil apa yang telah orang itu lakuakan sehingga bisa meraih keberhasilan hingga saat ini. Kamu yang berkaca pada mereka yang sukses lebih dulu juga harus bisa memilih tokoh mana yang akan kamu jadikan panutan.

Hal ini penting karena tidak semua rahasia sukses dari mereka bisa kamu gunakan dalam memajukan usahamu. Kamu perlu mencari dan memilih tokoh panutan yang kamu rasa sesuai dan kamu juga bisa menerapkan rahasia sukses mereka. Maka dari itu, cobalah kamu cari dulu tokoh mana yang pas untuk kamu jadikan panutan.

Baca juga berikut ini rahasia cara sukses berbisnis orang tionghoa

Kamu Sudah Siap Berhadapan Dengan Konsumen

Tidak bisa disangkal lagi kalau konsumen adalah hal terbesar dalam menentukan keberhasilan. Alasannya tak lain karena dari konsumen lah maka kamu akan mendapatkan profit dan produkmu bisa jadi meluas dengan semakin banyaknya konsumen. Dengan demikian, maka kamu yang ingin berwirausaha pastinya sudah mememiliki target konsumen yang pasti, supaya kamu menjadi lebih mudah untuk menawarkan produk usahamu.

Jika memang kamu sudah memilki rencana dengan konsumen, maka setidaknya dari awal kamu memulai usaha kamu bersifat terbuka dengan calon konsumen mengenai informasi usaha kamu. Kamu akan membiarkan mereka tahu tentang produk kamu, harga produk, dan segala macam detil tentang usaha kamu. Selain itu, kamu juga akan bersiap untuk menerima jika terjadi keluhan atas pelayanan, ataupun produk yang kamu hasilkan.

Kamu Supel Dalam Bergaul

Meskipun sepele tapi sikap supel ini penting loh. Kenapa begitu? Karena dengan sikap supel ini, kamu bisa membangun kedekatan dengan mudah pada siapapun termasuk konsumen kamu. Kedekatan dan keakraban dalam menjalin hubungan dengan konsumen ini, bisa menimbulkan kesan akrab yang akan membuat konsumenmu betah untuk bertahan menjadi pelangganmu. Selain itu jika kamu bisa menciptakan kedekatan dengan yang lain, kamu juga akan memudahkanmu dalam menjalankan usaha yang sedang kamu geluti.

Berani Untuk Mewujudkan Usaha

Sikap berani merupakan sikap dasar untuk mewujudkan setiap keinginan yang ada dalam dirimu. Tanpa keberanian, maka kamu tidak akan pernah maju dan tidak akan pernah mengalami perubahan. Keberanian yang kamu miliki ini penting untuk terus yakin dengan berbagai resiko yang datang, dan akan membuatmu menjadi yakin dengan setiap langkah yang kamu ambil dengan bijak.

Sikap berani ini juga akan membuat percaya diri untuk keluar dari zona nyamanmu, demi meraih dan menjalankan usaha yang telah kamu rencanakan. Karena bila sedikit saja ada keragu-raguan dalam dirimu untuk memulai usaha, maka rencana mu tidak akan pernah berjalan dan hanya menjadi wacana saja. Jadi, bila ada yang kamu takutkan, segeralah cari bantuan pada teman untuk dapat membantumu mengatasi masalah yang kamu takutkan agar kembali berani.

Itu lah 8 ciri-ciri sikap yang akan menentukan apakah kamu akan calon wirausaha sukses. Meskipun demikian, setiap ciri-ciri pada diri seseorang itu berbeda, namun 8 ciri-ciri ini bisa menjadi bermanfaat jika kamu mau mengembangkannya. Dan yang terpenting, tetaplah selalu berfikiran positif dengan apa yang akan kamu hadapi.

Baca juga artikel jadi pengusaha wajib miliki mental berikut ini