7 Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Kepada Pelanggan

Pelanggan adalah salah satu komponen penting dalam berjalannya bisnis anda, maka keberadaannya harus diperhatikan benar-benar. Sebuah usaha yang memiliki sedikit pelanggan dipastikan perjalanan usahanya tidak akan bisa lancar, bahkan tidak sedikit pelaku usaha terpaksa gulung tikar menutup usahanya karena di sebabkan di tinggal pelanggannya.

Tentunya ini adalah hal yang sangat di takuti setiap pebisnis, maka sebelum itu terjadi simak 7 hal di bawah ini yang tidak boleh dilakukan kepada pelanggan :

1. Berdebat Dengan Pelanggan

Hal ini sangat harus kita hindari, meski mereka memiliki perbedaan pendapat dengan kita sebisa mungkin didepannya kita harus terlihat bisa menerima sesuai pendapat mereka. Jika kita pasakan, itu akan membuat mereka tidak dihargai, tentu saja jika sudah begitu mereka akan segera meninggalkan kita tanpa bertansaksi.

2. Memberikan Respon Yang Lambat

Bagi setiap orang menunggu adalah bukan pekerjaan yang menyenangkan, apalagi jika itu terjadi kepada pelanggan yang menunggu layanan kita. Jika tidak bisa di hindarkan, usahakan sebisa mungkin kita perhatikan kenyamanan mereka saat menunggu, itu pun jangan sampai memakan waktu lama. Paling baik adalah dengan cepat kita layani mereka dengan memberikan produk atau jasa yang mereka inginkan.

3. Membeda-bedakan Pelayanan

Saat ada beberapa pelanggan yang mendatangi tempat usaha kita, sebisa mungkin kita harus menyamaratakan pelayanan yang di berikan, ini untuk menghindari pelanggan merasa di beda-bedakan. Berikan layanan, potongan harga, bonus dan sebagainya dengan merata pada setiap pelanggan, agar tidak menyinggung salah satu pihak lainnya.

Tidak Boleh Dilakukan kepada pelanggan

Advertisement

4. Menyerahkan Sepenuhnya Pada Karyawan

Meski kita memiliki kegiatan yang padat dan banyak karyawan, sebaiknya jangan serta-merta melepas penanganan pelanggan kepada mereka sepenuhnya. Sesekali ada baiknya kita sebagai pemilik usaha secara langsung melayani atau setidaknya menyapa pelanggan, mereka akan sangat merasa di hargai jika dilayani oleh pemilik usahanya langsung, maka dari itu luangkan waktu untuk sekali-sekali berbicara dengan mereka.

5. Memperlihatkan Kegelisahan

Terkadang dalam perjalanan usaha sering kita mendapatkan hal yang tidak menyenangkan, sebaiknya jangan perlihatkan kondisi tersebut pada saat melayani pelanggan. Raut wajah yang muram, marah, gelisah, malas adalah sesuatu yang tidak patut kita perlihatkan kepada mereka, meski sulit sebaiknya tinggalkan dahulu perasaan-perasaan tersebut jika sedang menghadapi pelanggan.

6. Tidak Menanggapi Keluhan

Kadang terjadi konsumen tidak merasa puas dengan produk yang kita jual, mengatasi hal ini kita harus bisa memberikan solusi yang sama-sama menguntungkan. Jangan pernah mencoba untuk tidak menanggapi terhadap keluhan yang pelanggan utarakan, karena itu sama saja dengan menjelek-jelekan bisnis sendiri, pelanggan akan kapok untuk membeli produk atau jasa kita.

7. Menipu Pelanggan

Ini adalah hal yang sangat tidak baik untuk dilakukan kepada pelanggan, sedikit demi sedikit bisnis anda akan di tinggalkan dan selanjutnya tidak akan berjalan. Dengan memberikan penjelasan yang tidak benar kepada pelanggan, dengan maksud agar mereka mau membeli produk kita, akan membuat mereka memberikan penilaian yang sangat buruk terhadap bisnis anda, dan dengan mudah penilaian tersebut menyebar kepada calon pembeli lainnya, ini yang akan menyebabkan bisnis anda tidak akan lama bertahan.

Baca juga artikel Cara Mendapatkan Pelanggan Dan Mempertahankannya