5 Usaha Budidaya Ikan Air Tawar Yang Menguntungkan

Hingga saat ini sektor perikanan air tawar di Indonesia masih bisa di katakan belum di garap dengan maksimal. Terbukti dengan masih belum mencukupinya hasil produksi dari usaha budidaya ikan air tawar yang belum mencukupi permintaan pasar.

Itu pun baru untuk pasar dalam negri, belum di tambah lagi dengan pangsa konsumen dari luar negri. Sehingga dengan adanya hal yang demikian tentunya bisnis di sektor budidaya ikan air tawar ini masih cukup potensial untuk di jalankan.

Padahal jika di bandingkan dengan usaha budidaya ikan jenis lainnya seperti ikan air laut misalnya, ikan air tawar dinilai masih memiliki banyak kelebihan terutama dari sisi kemudahan dalam pemeliharaannya.

Salah satunya komoditas ikan air tawar ini dikenal memiliki keunggulan pertumbuhan yang lebih cepat dan tingkat kekebalan terhadap penyakitnya yang lebih tinggi. Sehingga dengan begitu produksinya pun bisa upayakan lebih besar.

5 Usaha Budidaya Ikan Air Tawar yang menguntungkan

Lalu, usaha budidaya ikan air tawar apa saja yang saat ini dan kedepan akan memiliki potensi yang terus menguntungkan, berikut beberapa di antaranya :

1. Budidaya Ikan Mas

Ikan mas menjadi salah satu favorit yang paling banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia, citarasanya yang banyak di suka serta harga jualnya yang terbilang terjangkau membuat pemintaan ikan ini terus meningkat.

Belum lagi berbagai aneka olahannya yang sekarang ini banyak bermunculan, membuatnya semakin mendongkrak popularitas ikan mas di mata masyarakat.

Di sisi pembudidaya pun ikan mas ini sama-sama di favoritkan oleh para pelakunya. Salah satu sebabnya masa panennya yang terbilang singkat, berkisar hanya selama 4 hingga 5 bulanan. Membuat perputaran modal dan tentunya keuntungan lebih cepat didapat.

2. Budidaya Ikan Gurame

Prospek usaha budidaya ikan air tawar yang menjanjikan berikutnya adalah ikan gurame. Serupa dengan jenis ikan sebelumnya, ikan gurame juga banyak penggemarnya di pasaran, bahkan hingga ada juga masyarakat yang fanatik akan kuliner ikan ini sebab citarasa kelezatannya.

Budidaya ikan gurame di tanah air kita ini juga terbilang sangat sesuai dengan karakteristik iklim yang dimiliki, kelebihan lainnya sarana untuk membudidayakannya juga terbilang praktis dengan biaya modal yang tidak terlalu tinggi.

Baca juga analisa usaha budidaya kroto rumahan

3. Budidaya Ikan Nila

Berikutnya ada ikan nila yang juga potensial untuk bidang usaha budidaya ikan air tawar sekarang ini. Kelebihannya di banding ikan lain adalah pada sisi kemudahan pemeliharaannya sebab ikan ini dikenal tidak begitu banyak gangguan penyakit pada tubuhnya. Masa panen yang terhitung singkat juga menjadi kelebihan lain yang di milikinya.

Masih di tambah lagi dengan kelebihan pada tahap proses pembibitan dari indukan yang mampu menghasilkan telur yang melimpah, tercatat hingga 300 sampai 1000 bibit ikan nila bisa di hasilkan dalam sekali pemijahan.

Baca juga mengenal usaha budidaya ulat sutra

5. Budidaya Ikan Lele

Nah ikan yang berikut ini pastinya siapapun familiar dengan keberadaannya, adalah Ikan lele. Masyarakat kita pastinya sudah sangat mengenal jenis ikan ini, berbagai olahannya yang banyak di gemari dari mulai pecel lele, hingga abon lele yang paling baru di kenalkan ahir-ahir ini.

Budidaya ikan lele ini juga terkenal dengan kelebihan di sisi pembiayaan modal pemeliharaan yang tidak membutuhkan dana besar, dengan hanya memanfaatkan kolam dari terpal serta di lakukan di lahan yang tidak terlalu luas juga sudah bisa menguntungkan.

Selain itu, pertumbuhannya yang cepat juga imunitas tubuhnya yang kuat, turut menjadi sebab ikan lele ini potensi nya sangat tinggi di sektor usaha budidaya ikan air tawar di Indonesia.

Baca juga artikel usaha budidaya ternak lele sangkuriang di kolam terpal