5 Mitos Yang Salah Tentang Bisnis Properti

Banyak orang yang ingin menjalankan bisnis properti karena tergiur akan berbagai keuntungan yang didapatkan. Namun tak sedikit dari mereka yang kemudian menyerah setelah mengalami kegagalan demi kegagalan. Padahal menjalankan bisnis property sebenarnya tidak jauh berbeda dengan bisnis lain secara umum. Meski begitu, dibutuhkan tekad kuat, kerja keras, serta sifat pantang menyerah agar bisa mencapai kesuksesan.

Meski sadar bahwa bisnis properti Indonesia merupakan peluang usaha yang layak diperhitungkan, namun sebagian orang masih terkesan ragu-ragu karena adanya pola pikir yang keliru mengenai bisnis ini. Pola pikir mereka banyak dipengaruhi oleh mitos-mitos yang beredar di masyarakat tentang bisnis properti itu sendiri. Apa saja mitosnya? Berikut ini 5 mitos yang salah seputar bisnis properti:

  1. Anda Harus Memiliki Banyak Modal

Memang benar bahwa uang bisa sangat membantu Anda meraih impian. Namun berbisnis properti sebenarnya tidak harus memiliki modal besar. Bisnis ini juga tidak hanya bisa dijalankan oleh orang kaya saja. Banyak pelaku bisnis properti Indonesia yang memulai usahanya dengan modal kecil. Namun dengan kerja keras yang tak kenal lelah, bisnis mereka pun dapat semakin menanjak hingga posisi puncak.

  1. Berinvestasi Pada Properti Berisiko Tinggi

Anggapan seperti ini biasanya muncul karena besarnya modal yang dikeluarkan untuk berinvestasi properti. Apabila terjadi kegagalan dalam bisnis, kerugian yang ditimbulkan pun lumayan tinggi. Padahal risiko berinvestasi properti termasuk salah satu yang paling rendah jika dibandingkan dengan pasar modal dan lembaga keuangan lainnya. Meski ada rIsikonya, namun semua bisa diperhitungkan.

  1. Harus Punya Banyak Pengalaman

Menurut pendapat orang, bisnis properti Indonesia akan sulit dijalankan jika kita tidak punya pengalaman sama sekali atau masih minim pengalaman. Memang benar, pengalaman bisa membantu Anda dalam berbisnis properti. Namun hal tersebut bukanlah satu-satunya penentu keberhasilan. Hal terpenting yang paling Anda butuhkan adalah kemauan untuk terus belajar dan terus meningkatkan kemampuan.

  1. Anda Harus Punya Banyak Relasi

Dalam bisnis apapun, punya banyak relasi pasti sangat membantu. Namun apakah wajib punya banyak relasi ketika baru memulai sebuah usaha? Tentu tidak. Anda bisa membangun relasi seiring berjalannya waktu. Mulailah berkenalan dengan pebisnis lain, investor, broker, atau siapa saja yang bisa membantu Anda di masa mendatang.

  1. Harus Banyak Tahu Banyak Tentang Properti

Mitos ini merupakan salah satu hal yang seringkali menghambat orang untuk berbisnis properti. Banyak yang mengira bahwa dengan menjalankan bisnis properti Indonesia, seseorang harus sudah menguasai berbagai hal tentang properti. Padahal sukses adalah sebuah proses panjang yang membutuhkan kerja keras. Jadi untuk memulai sebuah bisnis, Anda tidak harus menjadi seorang ahli terlebih dahulu untuk berbisnis. Semua bisa dipelajari asalkan Anda mau terus belajar dan mengembangkan diri.  Jika Anda menemui kesulitan memahami seluk beluk properti, Anda bisa mencari mentor yang tepat dan berpengalaman dalam bidang ini.

Nah, itulah 5 mitos yang salah seputar bisnis properti. Jika Anda tertarik untuk menjadi pelaku bisnis properti Indonesia namun masih ragu karena mitos-mitos tersebut, segeralah sadar bahwa itu semua tidak sepenuhnya benar. Sukses membutuhkan proses. Jika orang lain bisa sukses dengan keterbatasan yang mereka miliki, mengapa Anda tidak ? Semoga bermanfaat !