5 Layanan Startup Indonesia Ini Bakalan ‘Manjain’ Hidup Kamu, Lho!

Startup adalah sebuah perusahaan yang berkembang menggunakan teknologi, yang berupa sebuah website atau aplikasi yang bisa diunduh di handphone. Startup merupakan jembatan antara distibutor (penjual) dengan pasar (konsumen), sehingga memudahkan mereka bertemu dalam suatu wadah yang bisa menampung mereka. Dengan adanya startup di Indonesia ini, belanja bukan hal yang melelahkan lagi, karena hanya menggunakan handphone dan layanan internet kamu bisa membeli barang ataupun makanan yang kamu mau.

Atau untuk kamu yang berprofesi sebagai pedagang pun tidak perlu kesulitan lagi untuk memasarkan produk daganganmu, karena dengan adanya startup ini, pemasaran menjadi lebih mudah dan efisien. ingin tau startup apa saja di Indonesia yang siap manjain kamu ?

Tokopedia.com

Tokopedia.com adalah salah satu toko serba ada online di Indonesia yang mengangkat model market place dan mall online. Tokopedia.com didirikan oleh Leontinus Alpha Edison dan William Tanuwijaya sejak 17 Agustus 2009 yang berkantor pusat di Jakarta. Tokopedia.com mempunyai program untuk mendukung para pengusaha kecil dan menengah untuk mengembangkan usaha mereka dengan memasarkan produk secara online.

Sejak Chelsea Islan ditunjuk sebagai brand ambassador Tokopedia.com, masyarakat luas semakin mengenal Tokopedia.com sebagai toko seba ada yang menjual aneka ragam produk mulai dari makanan, fashion, elektronik, peralatan rumah tangga, dan lain sebagainya. Sehingga kamu bisa berbelanja apapun tanpa keluar rumah. Untuk pembayarannya pun ada beberapa cara, antara lain Saldo Tokopedia, Transfer Bank, dan sistem pembayaran melalui Indomaret yang memudahkan kamu untuk berbelanja.

Tokopedia.com tidak hanya memanjakan para pembeli yang malas keluar rumah saja, para penjual juga sangat dimanjakan, karena mereka juga bisa memasarkan jualannya tanpa harus menyewa kios ataupun membeli gerobak untuk keliling kampung, tak hanya itu, pemasarannya pun bisa mencakup seluruh Indonesia. Sehingga jauh lebih efisien, mudah, dan hemat, bukan?  Sudah cek tokopedia belum ?

Baca juga 5 situs jual beli online yang terbaik dan terpercaya

GO-JEK

GO-JEK adalah layanan ojek online yang bisa diakses hanya dari handphone. Nadiem Makarim yang merupakan pendiri sekaligus CEO GO-JEK  mendirikannya pada tahun 2010 di Jakarta. Awalnya hanya mencakup daerah Jabodetabek saja, namun saat ini mulai merambah ke berbagai kota besar seperti Bali, Bandung, Surabaya, Makassar, Medan, Semarang, Yogyakarta dan Balikpapan. Untuk memanggil GO-JEK supaya datang menjemputmu, kamu hanya perlu men-download aplikasinya di Google Play untuk android dan App Store untuk iOS.

Layanan GO-JEK tak hanya mengantarkan kamu bepergian saja, kini juga bisa melayani sebagai pengantar barang atau instan courier yang bisa mengantarkan barang dengan kelebihan hanya membutuhkan waktu maksimal 60 menit dari jangkauan dalam kota, pengantar makanan atau go-food dan go-mart yaitu berbelanja semua kebutuhan pokokmu dengan maksimal limit sejuta rupiah.

Jadi saat lapar atau sabun mandi habis dan cuaca lagi hujan badai, kamu tak perlu khawatir, karena GO-JEK siap membantumu membelikan yang kamu butuhkan. Kurang pengertian apalagi coba si abang GO-JEK ini ?

Baca juga selamat datang gojek good bye ojek

Traveloka.com

Pada tahun 2012  Derianto Kusuma, lulusan Universitas Stanford yang pernah bekerja sebagai software engineer senior LinkedIn di Silicon Valley dan Ferry Unardi, lulusan Sekolah Bisnis Universitas Harvard yang sebelumnya pernah bekerja untuk Microsoft mendirikan Traveloka.com di Jakarta. Awalnya Traveloka.com adalah sebuah mesin pencari untuk membandingkan harga pesawat dari berbagai situs, namun pada tahun 2013 berubah menjadi situs reservasi tiket pesawat, dan sekarang sudah berkembang, tak hanya tiket pesawat saja, tetapi juga merupakan jasa pemesanan kamar hotel.

Advertisement

Sudah menjadi rahasia umum jika Traveloka.com adalah sahabat para traveler yang ingin mendapatkan harga terbaik untuk setiap tiket pesawat dan harga hotel. Hanya dengan sekali klik saja kamu sudah bisa mendapatkan tiket ataupun voucher hotel tanpa harus ribet datang langsung ke agen.  Untuk pembayarannya juga sama dengan toko online lainnya, bisa melalui transfer bank, kartu kerdit, ATM ataupun membayarnya dari Indomaret.

Hanya dengan menjadi member Traveloka.com, kamu bisa mendapatkan diskon khusus dan selalu mendapatkan harga yang jauh lebih murah dari agen lainnya. Kamu bisa mengunduh aplikasinya di smartphone, bagi kamu yang belum menggunakan smartphone, bisa juga mengaksesnya menggunakan komputer. Sangat mudah dan menguntungkan, bukan?

Kulineran.com

Khusus bagi yang tinggal di Yogyakarta, saat kamu lapar dan malas keluar kamar, Kulineran.com adalah jawabannya. Hanya dengan web ini, kamu bisa membeli makanan di resto yang kamu inginkan tanpa keluar rumah. Tentu kamu penasaran, bagaimana bisa menikmati makanan dari resto favorit sementara tidak tersedia layanan antar. Dengan Kulineran.com semua makanan bisa kamu pesan, karena sudah lebih dari 400 an resto yang sudah bekerja sama dengan Kulineran.com.

Beribu-ribu menu dari berbagai resto yang sudah ternama di Yogyakarta siap kamu pesan kapan saja. Jadi saat tidak bisa ataupun malas keluar rumah, kamu tetap bisa makan enak. Hanya dengan menekan tombol pesan, makanan akan datang tepat di depan rumah.

Nulisbuku.com

Nulisbuku.com adalah sebuah perusahaan yang melayani penerbitan buku mandiri (self publishing) di Indonesia yang memungkinkan penulis menerbitkan sendiri yang bisa dicetak secara satuan dan menyediakan penjualan buku secara online. Nulisbuku.com didirikan oleh Aulia Halimatussadiah, Briliant Yotenega, Oka Pramanta, dan Angelina Anthon pada Oktober 2010. Saat ini sudah terdapat komunitas dari para penulis di nulisbuku.com yang bernama nulisbuku club (NBC) yang awalnya hanya ada di Jakarta, kini telah tersebar diberbagai kota besar, seperti Jakarta, Bandung, Palembang, Medan, Makasar dan Semarang.

Dengan adanya nulisbuku.com ini sangat memudahan bagi kamu yang hobi menulis tetapi belum mempunyai nyali memasukkannya ke penerbit di kotamu atau untuk penulis yang telah berkali-kali ditolak penerbit ternama. Pendiri Nulisbuku.com ini sangat mengerti bagaimana rasanya ditolak mentah saat memasukkan buku ke penerbit ternama, karena latar belakang berdirinya perusahaan ini berdasarkan pengalaman pribadi dari salah satu pendirinya, yaitu Aulia Halimatussadiah.

Buat para penulis, kamu bisa mencetak bukumu tanpa harus pergi ke penerbit, kamu hanya perlu upload tulisan beserta sampul buku hasil karya kamu ke nulisbuku.com tanpa dipungut biaya, bahkan bukumu bisa dijual dan kamu bisa mendapatkan royalti dari penjualan bukumu. Nulisbuku.com tidak membatasi kategori buku apa yang ingin kamu terbitkan, bisa novel, kumpulan cerpen atau puisi, bahkan buku tentang edukasi. Dengan begitu, sekarang semua orang juga bisa jadi penulis. Sangat menarik bukan ?

Baca juga artikel pengertian startup dan contoh bisnisnya di indonesia

Dengan adanya teknologi, semuanya menjadi lebih mudah, hampir semua startup dapat memenuhi kebutuhan harian, bahkan juga bisa mewujudkan mimpimu. Kini semua kebutuhan, bisa dilakukan tanpa beranjak dari kursi, cukup bermodalkan handphone atau komputer dan internet. Untuk kamu yang sedang merintis usaha, juga mendapat berbagai kemudahan, yaitu pemasaran yang terjamin dengan jangkauan luas se-Indonesia bahkan mancanegara, sehingga kemungkinan penjualan akan lebih besar. Sekarang saatnya beralih ke digital, kamu sudah?