5 Faktor Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Mencari Seorang Mitra Bisnis

Membangun sebuah bisnis memang tidak mudah, terlebih semakin banyak dan terbukanya persaingan saat ini. Itu sebabnya, banyak orang yang memutuskan untuk membuka atau membangun bisnis bersama dengan seorang mitra atau partner bisnis. Dengan bersatunya dua individu ini, diharapkan bisnis bisa berjalan lebih mudah dan lebih siap dalam menghadapi persaingan di pasar.

Namun, menemukan seorang partner atau mitra untuk berbisnis juga bukan hal mudah, ada banyak sekali kriteria yang harus anda pikirkan sehingga kerja sama anda dan mitra akan berjalan lancar dan bisa menghasilkan sesuatu yang besar seperti yang anda mau. Agar anda tidak memilih mitra yang salah, anda harus menyiapkan kriteria dan pertanyaan terlebih dahulu, lima pertanyaan yang terpenting ialah sebagai berikut.

Dimana Mitra Anda Berdiri Secara Finansial

Sebagian dari anda mungkin berpikir bahwa pertanyaan ini merupakan pertanyaan yang tidak terlalu penting untuk seorang mitra kerja atau malah terlalu pribadi. Namun inilah yang harus anda lakukan karena membangun bisnis bersama memang sering kali melihatkan hal-hal sensitif.

Anda juga sebaiknya mengetahui calon mitra bisnis anda memiliki hutang atau investasi atau tidak. Hal ini dikarenakan kedua hal tersebut bisa menjadi penghambat atau pembantu bisnis anda di kemudian hari.

Apa Kelebihan dan Kelemahan Anda

Anda mungkin sedikit jengkel jika mendapatkan pertanyaan seperti ini, atau mungkin anda sedikit merasa kesulitan untuk menjawabnya. Namun, mengetahui apa kelebihan dan kekurangan mitra bisnis anada sangatlah penting, mengingat segala bisa terjadi pada perjalanan bisnis anda.

Sesuatu memang akan berjalan dengan baik jika anda menemukan mitra yang sepaham atau satu keahlian dengan anda, namun hal ini juga bisa membuat anda stuck pada satu tingkat saja. Maka pilihlah mitra yang tepat melalui pertanyaan sederhana ini.

Bagaimana Menangani Sebuah Tekanan

Dalam kondisi atau lingkungan apapun, anda akan menemui sebuah tekanan ataupun kendala. Hal tersebut malah bisa menjadi sebuah pertanda bahwa anda sedang dalam keadaan akan berkembang, ketika nanti anda bisa melewatinya.

Ini akan menjadi pertanyaan yang sangat penting dan menentukan dalam memilih seorang mitra bisnis, maka perhatikanlah jawabannya dengan teliti dan hati-hati. Melalui jawaban ini, anda seharusnya sudah bisa menentukan orang seperti apa dia, dan pantaskah orang ini menjadi rekan bisnis anda. Jika anda merasa ada yang tidak klop dengan jawaban ini, sebaiknya anda tidak memutuskan untuk bermitra dengannya.

Baca juga mengatasi berbagai kendala dalam berwirausaha

Apa Ekspektasi Mitra Anda Dalam Bisnis Ini Dengan Keterlibatannya

Setiap akan melakukan sesuatu, terlebih sesuatu yang besar, seseorang tentu saja memiliki ekspektasi yang harus bisa diraihnya dalam waktu tertentu, begitu juga dalam menjalankan bisnis dengan seorang rekan kerja.

Pertanyaan ini juga menjadi salah satu pertanyaan kunci, dimana anda sudah bisa menilai dari apa yang ia harapkan melalui berbisnis dengan anda. Jangan lupa juga tanyakan mitra seperti apa yang ia inginkan, dan seperti apa posisinya dalam menjalankan bisnis bersama dengan orang lain.

Apakah Benar-Benar Membutuhkan Seorang Rekan

Sebuah kerja sama yang baik seharusnya berisi dua atau beberapa orang yang memang saling membutuhkan dan mendukung satu sama lain. Untuk itu, jangan segan untuk bertanya apakah calon mitra anda benar-benar membutuhkan seorang rekan.

Hal ini untuk menghindari munculnya ketidaknyamanan karena ternyata ketika anda bekerja sama dengan seorang mitra, mitra tersebut malah ternyata tidak terlalu menganggap keberadaan dan pemikiran anda, ia malah menganggap bahwa dirinya bisa melakukan segala sesuatu sendiri, dan anda akan menjadi seperti orang yang tidak berguna.

Baca juga artikel tips sukses menjalankan kerja sama usaha