5 Barang Bekas Yang Bisa Dimanfaatkan Untuk Menghasilkan Keuntungan

Kebanyakan dari kita beranggapan setiap produk yang bisa di jual kepasaran haruslah di buat dari bahan-bahan baru dan berkualitas agar hasil dari produknya bisa di sukai dengan harga jual yang tinggi. Akan tetapi bagaimana jika produk yang berharga tinggi tersebut bisa di buat dari bahan rongsokan tidak terpakai alias barang bekas, tentu akan lebih menguntungkan bukan ?

Namun apakah mungkin barang yang bisa di bilang sampah ini bisa kita olah menjadi bermanfaat dan menghasilkan keuntungan…, tentu mungkin asalkan kita mengetahui cara mengolahnya dengan benar. Pasalnya cukup banyak sekarang ini para pengusaha yang berhasil dari bisnisnya yang memanfaatkan barang bekas untuk di olah menjadi produk yang di butuhkan kembali di pasaran.

Ingin mengetahui apa sajakah barang bekas yang bermanfaat dan bisa kita olah menjadi produk yang laku di jual kembali dengan harga yang tinggi ? Dengan mengetahuinya mungkin saja anda bisa terinspirasi menemukan peluang usaha menguntungkan yang selama ini tidak pernah terfikirkan.

Barang Bekas Yang Bisa Dimanfaatkan

Berikut ini diantaranya 10 barang bekas yang bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan keuntungan.

1. Botol Plastik Bekas

Sampah berupa botol plastik bekas barangkali menjadi salah satu barang yang paling mudah untuk kita olah menjadi penghasil pundi-pundi rupiah. Ketersediaannya pun cukup melimpah di mana-mana, karena pada umumnya botol plastik ini menjadi jenis kemasan sebuah produk minuman.

Kebanyakan botol-botol plastik bekas ini di daur ulang dengan cara di giling atau di hancurkan dengan menggunakan mesin menjadi serpihan-serpihan kecil, yang selanjutnya akan di proses kembali menjadi biji plastik. Permintaannya sangat banyak di butuhkan industri-industri besar yang memproduksi barang-barang dengan bahan baku utama  plastik.

Baca juga usaha daur ulang penggilingan botol plastik bekas

2. Kertas Dan Koran Bekas

Begitu pun dengan sampah berupa kertas-kertas yang tidak terpakai atau koran-koran bekas yang sering menghuni gudang tempat barang tidak terpakai di rumah. Dari sampah ini, kita bisa menghasilkan produk kertas daur ulang yang bermanfaat dan memiliki nilai jual kembali.

Secara garis besar cara pengolahhannya pun terbilang sederhana, kertas dan koran-koran bekas tersebut perlu dilumatkan atau di hancurkan dengan air menjadi serupa dengan bubur kertas, lalu di campurkan lem khusus dan di cetak tipis-tipis kembali, setelah kering maka jadilah yang namanya kertas daur ulang ini.

Jangan khawatirkan mengenai pemasaran dari kertas yang di olah dari sampah ini, karena kebutuhannya sangat banyak di perlukan industri berskala besar, seperti sebagaian diantaranya di gunakan sebagai bahan kardus packing berbagai aneka barang.

3. Ban Bekas

Mungkin masih sedikit yang mengetahui bahwa barang bekas berupa ban kendaraan ini juga bisa di manfaatkan kembali untuk di olah menjadi lebih bernilai tinggi. Salah satunya yaitu diolah menjadi sebuk karet yang di butuhkan juga oleh industri-industri dengan skala yang cukup besar, seperti perusahaan pembuat sepatu, karpet, hingga pengelola lapangan bola indor atau futsal.

Proses pengolahannya pun serupa dengan yang sebelumnya yaitu di cacah hingga menjadi berbentuk serbuk halus. Serbuk-serbuk karet tersebut akan di lebur sebagai campuran karet mentah guna menekan harga jual produk-produknya.

Baca ulasan lengkapnya di artikel limbah ban bekas bisa hasilkan keuntungan melimpah

4. Kain Bekas ( Majun )

Barang bekas yang berikutnya pasti lebih familiar di dengar pembaca semua bukan ? ya.. kain bekas atau majun ini adalah limbah yang di hasilkan dari industri garment dan konveksi berupa potongan sisa bahan yang tidak terpakai lagi.

Kain-kain yang biasanya berukuran kecil tidak beraturan tersebut masih banyak di butuhkan untuk dijadikan berbagai produk yang lebih bernilai dari sekedar sampah. Seperti dibuat kain lap, produk kerajinan, diolah menjadi bahan boneka, sofa hingga sebagai isi bantal dan masih banyak lagi produk-produk yang lainnya.

5. Kayu Bekas ( Palet )

Kayu-kayu bekas yang biasa di jadikan palet atau tatakan, dan juga kayu bekas yang juga sering di jadikan box kemasan buah dan sebagainya ini, ternyata jika di olah dengan benar oleh tangan-tangan kreatif dan berpengalaman bisa menjadi sebuah produk yang sangat tinggi nilainya. Seperti misalnya pada industri furniture atau mebel, tidak sedikit hasil produknya yang menggunakan bahan dari barang bekas ini mampu menembus pasar ekspor ke mancanegara.

Tentu harga jualnya bisa naik berkali-kali lipat dari harga bahan baku awalnya, hal ini bisa di dapatkan karena keterampilan sang pembuat yang kreatif dan memiliki pengalaman yang tinggi. Namun bukan berarti tidak dapat di pelajari, jika memiliki keinginan yang tinggi tentu siapapun juga akan mampu mengolahnya dengan maksimal.

Baca juga furniture dari kayu bekas tembus pasar ekspor

Itulah diataranya 5 barang bekas yang bisa di manfaatkan untuk menghasilkan keuntungan yang besar, semoga terinspirasi…