5 Alasan Enggan Berwirausaha Yang Harus Di Hindari

Walaupun kini banyak bermunculan para pebisnis yang sukses dari berwirausaha, namun masih banyak masyarakat kita yang beranggapan membuka usaha sendiri itu sulit, sehingga mereka enggan memilih karir di bidang ini. Banyak yang salah dalam beranggapan sehingga menimbulkan ketakutan dan keraguan dalam diri mereka untuk memulainya. Alasan tersebut ahirnya menuntun mereka untuk meninggalkan dunia wirausaha dan lebih memilih bekerja.

Agar kita tidak terjebak kepada anggapan yang tidak benar tersebut, sebaiknya hindari 5 alasan yang beredar di masyarakat berikut ini, yang ahirnya membuat mereka enggan berwirausaha.

1. Membutuhkan Modal Yang Besar

Sebetulnya tidak semua usaha membutuhkan modal yang besar, bahkan sekarang ini banyak yang sukses menjalankan wirausaha dengan tanpa modal sekali pun. Seperti misalnya dengan menjalankan bisnis online atau juga dengan menjadi reseller sebuah produk, semua itu bisa di jalankan hanya dengan modal yang kecil bahkan tanpa modal sama sekali.

Meski modal uang dalam berwirausaha itu penting, tetapi perlu di ingat itu bukan jaminan utama bagi seorang enterpreneur untuk bisa sukses, masih banyak hal lain lagi yang harus di miliki untuk bisa meraih kesuksesan.

Baca juga artikel Modal Yang Harus Dimiliki Pebisnis Selain Uang

2. Karena Mendapatkan Peluang Yang Bagus

Alasan berikutnya adalah karena banyak masyarakat yang beranggapan bahwa sukses berwirausaha itu karena di sebabkan beruntung memiliki peluang yang bagus, karena itu kebanyakan dari mereka hanya menunggu mendapatkan kesempatan itu, padahal yang benar adalah peluang yang bagus itu harus kita cari bukan hanya di tunggu.

Seharusnya kita bisa menciptakan sendiri peluang usaha yang bagus tersebut, yaitu dengan cara mengembangkan skill atau keterampilan yang di miliki, selain itu kita juga bisa mengembangkannya dari hobi yang di geluti.

3. Memiliki Resiko Yang Tinggi

5 alasan enggan berwirausaha

Advertisement

Sebetulnya bukan hanya bidang wirausaha saja yang memiliki resiko tinggi, pada dasarnya setiap karir itu memiliki resikonya sendiri-sendiri, termasuk juga jika kita memilih menjadi seorang karyawan, seperti misalnya di PHK. Jadi sebaiknya kita harus jauhi alasan tersebut agar tidak menghambat dalam akan memulai sebuah usaha, yang penting cobalah untuk belajar mencari jalan keluar dari resiko-resiko yang mungkin akan terjadi.

4. Merupakan Sebuah Bakat Yang Tidak Bisa Di Pelajari

Perlu di ingat, bakat seseorang tidak akan mucul tanpa latihan dan belajar dari pengalaman. Jadi berwirausaha itu bukan hanya karena bakat semata, orang yang sema sekali tidak memiliki bakat berbisni pun jika terus belajar, misalnya dengan mengikuti pelatihan bisnis, seminar, membaca buku atau dengan banyak bergaul di lingkungan wirausaha pasti bakat itu akan segera nampak. Asalkan ada niat dan tekad yang kuat, keahlian dalam berbisnis akan bisa di pelajari, bukan karena muncul sendiri dari dalam diri masing-masing.

5. Faktor Turunan

Anggapan ini 100% salah sama sekali, banyak yang beralasan seseorang yang sukses berwirausaha karena merupakan turunan dari orang tua atau sanak saudaranya yang seorang pengusaha juga. Padahal sebetulnya mereka bisa sukses sebab sedari kecil terbiasa hidup di dunia wirausaha, sehingga mereka sudah mulai belajar berbisnis sejak usia dini. Walaupun anda bukan lahir di keluarga pengusaha, jika memiliki motivasi kuat dan senantiasa mau belajar memperdalam ilmunya, niscaya kesuksesan pun dapat di raih.

Baca juga artikel Mengajarkan Anak Berbisnis Sejak Dini

Dari ulasan ini maka kita bisa mengetahui bahwa anggapan-anggapan di atas sudah banyak beredar di masyarakat sehingga menjadikannya alasan untuk tidak memilih berwirausaha. Terpenting kita harus bisa menghadapi rasa takut karena anggapan tersebut, dan segera mulai untuk menjadi seorang enterpreneur sejati.

Baca juga artikel 6 Keuntungan Terbesar Menjadi Pengusaha