3 Tools Berikut Ini Bisa Membantu Anda Riset Pasar Sebelum Membangun Bisnis

Riset pasar memang salah satu aspek yang sangat penting didalam membangun sebuah bisnis. Dengan melakukan riset pasar nantinya akan banyak aspek yang bisa diketahui. Dengan adanya riset pasar seperti apa ide dan konsep bisnis nantinya akan bisa dimiliki.

Melakukan riset pasar itu yang biasanya dicari informasinya adalah soal harga pasar, analisis target market, analisis kompetitor dan juga hal-hal lainnya. Memang sangat sulit untuk mengetahui soal analisa harga pasar, soal target market dan juga soal analisa kompetitor akan tetapi semua ini bukan hal mustahil untuk dilakukan.

Ada 3 alat sebenarnya yang bisa digunakan untuk membantu riset pasar dan kami akan berikan informasi lengkap dan detailnya untuk anda disini. Yuk kita simak !

Cara Riset Pasar Sebelum Membangun Bisnis

Bagi Anda yang ingin mencoba melakukan riset pasar didalam membangun sebuah bisnis, 3 tools riset pasar ini harus anda pelajari diantaranya :

1. AdWords Keywords Tool

Alat yang satu ini dapat membantu Anda untuk melihat berapa banyak orang yang mencari hal – hal yang memiliki hubungan dengan produk dan ataupun jasa yang akan Anda tawarkan nantinya. Misalkan ketika Anda akan memulai usaha produk kosmetik, dengan alat ini Anda akan tahu jenis kosmetik apa yang paling banyak dicari dan paling dibutuhkan oleh wanita.

Sehingga nantinya Anda akan bisa menyiapkan produk yang memang sesuai dengan kebutuhan wanita dan Anda bisa menyiapkan produk yang paling banyak pencarinya.

Untuk menggunakan AdWords Keywords Tool ini caranya pertama Anda masukkan salah satu kata yang memiliki kaitan dengan bisnis yang akan anda jalankan di bagian word/phrase, kemudian klik advance options and filters kemudian Anda pilih target pasar anda. Nantinya Anda dapat memilih negara dan bahasa yang tersedia sesuai dengan keinginan. Lalu klik search.

Advertisement

Baca juga aspek penting yang wajib diperhatikan sebelum memulai bisnis

2. Google Insight

Ketika seseorang akan memulai sebuah bisnis tentunya tren apa yang berkembang di suatu negara harus dikantongi informasinya supaya nanti tahu akan menyediakan produk apa yang sesuai tren yang sedang berkembang. Dan ternyata untuk mengetahui semua itu google merangkumnya didalam sebuah alat yang dikenal memiliki nama insight tool. Anda bisa menggunakan alat yang satu ini sebelum menentukan bisnis apa yang akan di geluti.

3. Facebook Database

Kalau Anda ingin mendirikan sebuah bisnis dengan target market Indonesia, maka Anda bisa mendapatkan data yang sangat akurat dari facebook database ini. Alat yang satu ini memberikan informasi yang hasilnya lebih mendekati benar jika kita bandingkan dengan alat-alat yang lainnya. Hal ini karena dengan alat yang satu ini nantinya Anda dapat melihat berapa banyak yang tertarik dengan bisnis Anda.

Untuk melakukan riset di facebook, caranya pertama Anda klik create dan Ad.  Lihat langsung pada bagian kedua. Anda masukkan target pasar yang ingin Anda berikan berdasarkan lokasi, interest dan juga demographics.

Demikian sedikit informasi yang kali ini bisa kami berikan. Semoga informasi diatas mengenai tiga Tools Riset Pasar Sebelum Membangun Bisnis dapat bermanfaat.

Baca juga artikel strategi riset pasar yang tertarget