3 Penyebab Usaha Kecil Menengah Gulung Tikar

Usaha dengan skala kecil menengah saat ini sedang terus bermunculan, seiring juga dengan tidak sedikit yang mengalami kekecewaan karena usahanya tidak dapat terus berjalan alias gulung tikar di tengah jalan. Fenomena tersebut terus terjadi dalam dunia usaha, banyaknya kemunculan para pengusaha-pengusaha yang sukses memicu ketertarikan banyak orang untuk ikut terjun di dalamnya.

Padahal untuk bisa sukses dalam dunia usaha tidak bisa didapat dengan jalan yang mudah, perlu perjuangan, keuletan, disiplin dalam jangka waktu yang lama untuk mendapatkannya. Hal ini seringkali tidak disadari oleh para pelaku bisnis yang baru saja menggelutinya, sehingga saat tertimpa kendala, mentalnya belum siap menerima dan berahir dengan berhentinya usaha.

Sebetulnya banyak yang dapat menyebabkan usaha kecil menengah ini mengalami kebangkrutan, dan juga tidak mesti sering dialami oleh pengusaha pemula. Namun beberapa diantaranya terdapat penyebab yang paling sering dialami, dan berikut ini 3 diantaranya :

penyebab usaha gulung tikar

Tidak Konsisten

Kebanyakan yang mengalami adalah seorang pengusaha pemula yang belum memiliki pangalaman dalam dunia usaha, dan juga sering kedapatan terjadi pada pengusaha muda. Adapun gejala yang sering terjadi sebelum benar-benar usaha gulung tikar adalah menderanya rasa bosan, jenuh, malas dan sebagainya akibat berbagai hal. Seperti hasil keuntungan usaha tipis dan tidak mencukupi, tertarik bidang usaha lain, konsumen sepi dan lain-lain.

Perlu di ketahui bahwa hal-hal diatas dalam menjalankan sebuah usaha sudah dapat dipastikan akan dialami oleh siapa saja dan dalam bidang apa saja. Yang dapat mengatasinya hanyalah dengan cara harus membiasakan selalu konsisten menjalankan usaha dengan sepenuh hati.

Dengan selalu menekuni secara konsisten menjalani salah satu bidang bisnis, berbagai kendala seiring waktu akan terdapat jalan keluar untuk mengatasinya, sehingga bisa memupuk pengalaman serta skill yang dimiliki menjadi semakin bertambah.

Advertisement

Baca juga melatih diri untuk fokus menuju kesuksesan

Memaksakan Mengerjakan Segalanya Sendiri

Akan banyak diantaranya yang harus di jalankan agar roda bisnis bisa berjalan dengan maksimal sebagaimana mestinya, dan seringkali pada usaha dengan skala kecil menengah ini pemiliknya memaksakan segala kewajiban kegiatan tersebut dengan tangannya sendiri, paling sering dengan disertai alasan penghematan biaya oprasional perusahaan.

Padahal belum tentu seorang pengusaha tersebut memiliki kemampuan yang memupuni untuk menjalankannya sendiri sehingga karena akibat dipaksakan hasilnya seringkali berahir tidak memuaskan dan tidak maksimal. Seyogyanya sebuah usaha dijalankan dengan di bantu beberapa sumberdaya yang ahli pada bidangnya masing-masing, seperti marketing, promosi, menejemen keuangan, produksi dan lain sebagainya.

Dengan begitu hasilnya bisa didapatkan dengan sesuai harapan, karena di jalankan oleh bagiannya masing-masing dengan terus dipantau oleh sang pemilik usaha dengan teliti. Sehingga pemilik usaha bisa lebih fokus memenejemen timnya agar terus dapat berjalan dengan baik.

Baca juga ciri orang akan sukses menjadi pengusaha

Kurang Promosi

Berikutnya juga sering menjadi penyebab usaha kecil gulung tikar adalah kurangnya berpomosi, padahal mungkin saja produk yang dimiliki memiliki kualitas baik dan berpotensi, namun karena pasar sebagian besar tidak mengetahui maka produk tersebut tidak laku dengan maksimal.

Alasan yang sering di kemukaan juga biasanya serupa yaitu melakukan pengiritan biaya, padahal di terus berlarut-larut demikian bukan tidak mungkin ahirnya bisnis tidak bisa menghasilkan keuntungan yang besar, atau yang paling merugikan pasar di rebut pesaing yang lebih gencar berpromosi.

Promosi sebaiknya di lakukan namun juga dengan tetap memilih jenis promosi yang paling tepat sesuai dengan target konsumennya. Dan hendaknya kegiatan ini dilakukan dengan penuh perhitungan, agar hasilnya bisa signifikan menaikan penjualan.

Baca juga artikel waspada waktu rawan di 3 tahun awal berbisnis