3 Kunci Sukses Bisnis Air Minum Isi Ulang Paling Mudah Diterapkan

Bisnis air minum isi ulang kian hari terus merambah, bahkan tidak hanya di perkotaan yang notabene identik dengan sulitnya air bersih, tapi juga ke pinggiran kota dan desa-desa. Kira-kira apa saja faktor yang mempengaruhi hal tersebut?

Pertama kami bisa bilang bahwa hal tersebut dipengaruhi oleh gaya hidup. Semakin modern kondisi suatu masyarakat, maka butuh yang namanya efisiensi. Dan beli air minum isi ulang bisa dibilang lebih efisien dan lebih hemat dari pada harus merebus air minum sendiri.

Dari sisi harga, air isi ulang pasti lebih murah dari pada air minum kemasan bermerek. Itulah salah satu alasan kenapa bisnis air minum isi ulang memiliki prospek yang jelas apalagi didukung oleh teknis dan strategi pemasaran yang benar pula.

Kunci Sukses Bisnis Air Minum Isi Ulang

Salah Satu Kunci Sukses Bisnis Air Minum Isi Ulang Terletak Pada Hal-Hal Teknis

Kenapa bisa demikian? Jawabannya sederhana. Ketika anda mengolah air yang biasanya didatangkan dari mata air pegunungan tersebut sifatnya masih alami, dan kemungkinan ada banyak kontaminan yang bisa berbahaya ketika langsung diminum.

Untuk merubahnya menjadi layak minum yang pasti butuh cara atau teknis tertentu. Lebih tepatnya bagaimana air tersebut disaring atau difiltrasi? Anda sebagai pelaku usaha air minum kemasan harus bisa menjawab pertanyaan tersebut, karena teknik filtrasi akan menentukan kualitas air minum yang anda jual.

Tidak jarang loh penjual air minum isi ulang yang NOL sama sekali tidak paham dan tidak tahu-menahu soal teknik filtrasi dari alat yang mereka miliki. Tahunya mereka hanya membeli dan mendatangkan alat dan itu berfungsi untuk menghasilkan air layak minum.

Padahal sebenarnya proses penjernihan air ini sifatnya sangat krusial dan spesifik. Beda air yang diolah, berbeda juga proses dan alat yang digunakan. Dan pastinya pada alat tersebut terdapat komponen yang memiliki masa kadaluarsa dan harus diganti secara berkala sesuai standar.


Misalnya jika alat anda menggunakan karbon aktif. Anda harus tahu bahwa karbon aktif memiliki sifat reversible, selain mampu mengikat unsur berbahaya seperti amonia, ia juga mampu melepaskan kembali jika digunakan dalam jangka waktu yang terlalu lama.

Prinsipnya, jika anda mampu memahami seluruh proses teknis dari pengolahan air hingga layak minum, anda berarti telah memegang salah satu kunci sukses bisnis air minum isi ulang.

Baca Juga Menghitung Modal Usaha Air Minum Isi Ulang

Pilih Supplier Air Bersih yang Kredibel

Ingat bahwa di bisnis ini air adalah satu-satunya bahan baku yang anda pakai. Kami yakin harga air bersih dari pengepul (tanki supplier) sangat kompetitif. Agar konsumen benar-benar puas dengan kualitas air minum yang anda jual, sebaiknya pertimbangkan harga yang sedikit lebih mahal dari pada harus mengecewakan konsumen.

Sebuah tantangan bagi pelaku usaha di kota-kota besar akan sulitnya mencari supplier air bersih yang berkualitas. Solusinya anda bisa menambah volume penyimpanan air dan mendatangkan air bersih yang berkualitas dari luar kota. Meskipun harga pokok yang ditawarkan biasanya lebih mahal, akan tetapi harga tersebut biasanya masih bisa ditawar jika volume yang dipesan lebih banyak.

Susun Strategi Pemasaran Yang Dapat Diandalkan

Untuk bisnis satu ini, pemakaian kupon langganan masih bisa diandalkan. Biasanya kupon langganan diberlakukan dengan sistem isi 10 kali dapat gratis isi ulang 1 kali.

Tentu saja anda bebas menggunakan strategi marketing lain yang paling sesuai dengan depot anda. Tantangan pemasaran dalam bisnis ini adalah bagaimana mencari konsumen loyal (pelanggan), dari pada mendatangkan konsumen baru.

Di saat awal buka mungkin anda kebanjiran konsumen, karena mereka penasaran dan ingin mencoba, tapi jika rasa dan kualitas air kurang bagus, biasanya konsumen akan lari dan mencari depot pengisian air minum lain.