3 Dampak Buruk Dari Pemberian Diskon Pada Produk

Mungkin pembaca semua sudah tidak asing lagi dengan pemberian diskon pada suatu produk di tempat berbelanja. Baik itu di toko-toko, supermarket, atau pun juga pada produk jasa. Dalam dunia marketing menerapkan diskon ini memang menjadi salah satu cara yang lazim di tempuh untuk meningkatkan penjualan.

Karena siapapun konsumen pastinya harga menjadi pertimbangan utama sebelum memutuskan membeli suatu barang, pastinya siapapun tertarik saat barang yang di incar di hargai dengan harga yang lebih murah karena adanya promo seperti ini.

Beragam memang pertimbangan pengusaha mengambil langkah untuk menurunkan harga jual dari salah satu produknya. Ada yang kerena salah satu produknya tersebut dimiliki dengan stok yang melimpah, kurang peminat, stok lama atau dengan maksud menarik lebih banyak pengunjung ke tokonya.

Lalu jika hal ini adalah sesuatu yang positif di terapkan pada sebuah usaha, mengapa ada dampak buruknya ? Tentunya.., segala sesuatu pasti ada resikonya, maka sebelum melakukan apapun pertimbangkan baik dan buruknya, sehingga tidak memiliki langkah yang tidak tepat.

Dalam hal pemberian diskon pada produk ini, berikut 3 diantaranya yang mungkin akan berdampak kurang baik pada bisnis anda.

Dampak Buruk Pemberian Diskon Pada Produk

Advertisement

1. Mengecewakan Konsumen

Jika diskon yang kita terapkan pada produk adalah hasil dari penurunan kualitas. Maksudnya, produk yang dibuat sengaja kita minimalkan biaya produksinya, sehingga ada perbedaan dari segi kualitas dari semula.

Tentu dengan cara ini meski konsumen akan di buat senang saat membelinya, namun pada ahirnya mereka akan kecewa karena kualitas produk tidak seperti biasanya.

Jika begini maka anda harus siap jika reputasi bisnis menjadi menurun, terkecuali jika benar-benar terpaksa kita bisa setidaknya memberikan informasi sebelumnya kepada pelanggan, agar mereka tidak terlalu di kecewakan.

Baca juga menaikan harga produk tanpa mengecewakan pelanggan

2. Diketahui Oleh Kompetitor

Jika promo diskon yang kita lakukan pada produk adalah karena usaha yang sedang dilanda masalah penjualan. Misalnya bisnis kita di saat tertentu mengalami penurunan jumlah penjualan atau sepi, lalu kita serta merta menurunkan harga jual dengan memberikan diskon besar-besaran.

Tentunya masalah seperti ini kurang baik jika di ketahui oleh kompetitor yang bergerak di bidang yang sama. Dengan mereka mengetahuinya maka celah untuk memenangkan persaingan pun di ketahui lawan.

Selain itu, dengan menerapkan harga yang terlalu di murahkan juga bisa berpotensi terjadinya perang harga dengan kompetitor, yang pada ahirnya bisa merugikan kita sendiri.

3. Menurunkan Image di Mata Pembeli

Ini terjadi apabila produk yang kita pasarkan telah dikenal oleh banyak pembeli. Dengan kita menerapkan diskon pada produk tersebut maka pembeli tidak lagi memiliki penilaian bahwa produk yang kita jual adalah memang berkualitas, dan berarti sama dengan produk lainnya di pasaran. Dan selain itu, untuk kedepannya juga akan sulit untuk bisa kita naikan kembali harga jualnya, sehingga tentunya keuntungan yang bisa kita dapatkan pun ahirnya akan berkurang.

Baca juga artikel fakta unik tentang penerapan harga produk