20 Peluang Usaha Yang Paling Cocok Untuk Pemula

Bagi pemula mungkin menentukan salah satu bidang usaha yang akan dijalankan bisa saja dikatakan cukup sulit, mengapa ? karena keterbatasan pengalaman tentunya membuat ke khawatiran akan mengalami berbagai hal yang buruk pada usahanya cukup besar.

Selain itu bagi sebagaian pemula modal juga mungkin menjadi kendala, seringkali karena keterbatasan ini mereka berpaling dan menyerah bahkan sebelum usahanya di mulai.

Dalam berwirausaha bidang apa saja, salah satu yang paling utama di butuhkan adalah pengalaman pelakunya, dan hal ini pada awalnya hanya bisa kita dapatkan dengan mulai menjalankan usahanya, jika tidak dimulai-mulai mana bisa mandapatkan pengalaman yang berharga untuk menuju kesuksesan.

Memang untuk tahap perkenalan bagi pemula ada baiknya jika kita pilih peluang usaha yang tidak terlampau rumit dan juga dapat di lakukan dengan modal kecil dalam menjalankannya.

Pada tahap ini sembari kita belajar mengenal dunia usaha, juga bisa dimanfaatkan sebagai ladang menghasilkan keuntungan, meski mungkin tidak akan langsung di dapatkan dengan jumlah besar, namun peluang untuk berkembang pastinya sangatlah terbuka lebar, ini berlaku untuk jenis usaha bidang apa saja.

Lalu, peluang usaha apa saja yang cocok jadi pilihan untuk pemula ? Sebagai masukan, berikut ini 20 peluang usaha yang cocok untuk pemula :

peluang usaha yang cocok untuk pemula

1 .Membuka Warung

Terdengar seperti bisnis yang biasa saja ? memang benar…, tapi tunggu dulu, untuk pemula membuka warung bisa menjadi ajang perkenalan yang pas.

Bagaimana berhadapan dengan konsumen, mempelajari karakter beragam konsumen, bagaimana melayani konsumen dan sebagainya, dapat mulai dipelajari dari level yang paling mudah.

Bisa di mulai dengan membuka warung secara kecil-kecilan di wilayah sekitar tempat tinggal. Tapi jangan di anggap remeh ya.., usaha warung yang menjual aneka keperluan sehari-hari dengan skala yang besar atau grosiran, omsetnya bahkan bisa mencapai jutaan hingga puluhan juta perharinya.

Maka meski pun anda hari ini memulai dengan warung kecil-kecilan, tidak menutup kemungkinan kelak warungnya berkembang menjadi besar.

2. Usaha Konter Pulsa

Menjual pulsa sangat mudah bukan ? maka itu usaha ini cocok dijalankan untuk pemula. Cukup memanfaatkan halaman rumah atau sejenisnya usaha ini sudah bisa berjalan menguntungkan. Target konsumen untuk tahap awal tidak perlu susah, karena para tetangga sebelah pun pastinya membutuhkannya.

Memang profitnya mungkin saja tidak begitu menarik pehatian anda, tapi sebagai pemula hendaknya jangan begitu terpaku memperhatikan profit atau keuntungan sebagai patokan, jadikan pengalaman sebagai target utama. Sambil berjalan sedikit demi sedikit pun nantinya keuntungan akan bertambah asalkan kita terus berupaya.

Dan pada tahap yang lebih tingginya dari berjualan pulsa juga mampu menghasilkan uang yang besar, misalnya saja bisnis server pulsa yang mempu menjual hingga ribuan transaksi setiap harinya.

3. Usaha Parfum Refil Isi Ulang

Usaha parfum refil isi ulang saat ini cukup menjadi primadona pilihan masyarakat dan cocok dijalankan siapa saja, termasuk bagi pemula. Konsumennya bertebaran dimana-mana karena siapapun tentunya ingin memiliki wangi harum pada tubuhnya.

Terlebih untuk harga parfum bermerk harganya juga cukup terbilang mahal, parfum refil ini bisa menjadi alternatif pilihan untuk mereka yang memiliki budget terbatas.

Menjalankannya tidaklah terlalu sulit, hanya mungkin pada usaha ini akan di perlukan tempat lokasi berjualan yang strategis, minimal berada di pinggir jalan yang banyak dilalui orang. Tapi itupun tidak perlu membutuhkan space ruangan yang terlalu besar.

Baca juga analisa peluang usaha parfum refill isi ulang

4. Bisnis Makanan Ringan Atau Camilan

Tidak memiliki tempat usaha yang strategis, bisa pilih bisnis makanan ringan atau camilan. Usaha ini bahkan bisa di jalankan hanya dari rumah saja.

Bagaimana menjualnya ?

Bisa tempuh cara bekerja sama dengan para pemilik toko atau warung sekitar, biasanya sistim kerja sama yang berlaku adalah sistim titip jual, dimana kita mengirimkan sejumlah dagangan, lalu di waktu berikutnya akan di hitung jumlah dagangan yang laku terjual dan di bayar.

Camilannya bisa beragam, seperti aneka keripik, aneka kue, jajanan anak-anak dan lain sebagainya.

5. Bisnis Online Dropshiper

Selanjutnya pada bidang bisnis online, ada bisnis dropship bisa jadi pilihan yang cocok untuk pemula. Apa sebetulnya dropship ini ?

Dropship adalah menjualkan produk orang lain dengan selisih harga yang menjadi keuntungan kita, jadi dalam sistem ini kita sebagai dropshiper tidak perlu memiliki produk jualan, umumnya hanya bermodalkan foto produknya saja. Selanjutnya karena jenisnya online, pengiriman melalui jasa kurir pun pemilik produk yang melakukan atas nama kita.

Paling sederhana cara yang di lakukan para dropshiper ini ialah, mencari produk jualannya di internet, lalu berlanjut menawarkannya kepada rekan dan teman-temannya baik di wilayah sekitar ataupun kepada para kontak yang di miliki di media sosial seperti FB, Instagram, Twitter dan sebagainya.

6. Usaha Laundry

Memiliki sedikit modal dan lokasi strategis, bisa lirik usaha laundry. Jasanya banyak di butuhkan mulai dari rumah rumah tangga, hingga yang paling banyak adalah para penghuni kos-kosan. Selain traget konsumennya yang besar, jasa laundry juga di butuhkan secara rutin, bahkan hingga setiap hari.

Modalnya tidak terlampau besar, berada di skala menengah. Dan tingkat kesulitan menjalankannya pun terbilang sederhana sehingga bisa di pilih sebagai peluang usaha untuk pemula.

Kuncinya adalah lokasi laundry yang harus strategis dan pelayanan yang maksimal kepada konsumennya, maka usaha ini pun akan bisa menghasilkan keuntungan yang besar.

7. Usaha Kuliner

Usaha kuliner juga menjadi salah satu yang bisa diandalkan untuk meraup keuntungan yang lumayan, sekaligus juga mudah di jalankan, dan satu lagi…, modal yang di perlukan untuk memulainya juga tidak terlalu besar.

Jadi kurang apalagi…?

semua kriteria yang penting untuk pemula sudah ada pada usaha bidang kuliner ini, tinggal anda pilih yang paling sesuai dengan minat dan keterampilan membuat yang di miliki.

Contohnya berjualan ayam crispy yang banyak diminati, berjualan es pisang ijo, kebab turki, sosis bakar, buka warung makan angkringan dan banyak lagi yang lainnya.

8. Toko Aksesoris Hp

Pengguna handphone saat ini sudah semakin banyak, itulah salah satu alasan membuka usaha toko aksesoris hp ini cukup menjanjikan. Kebutuhan akan aksesoris termasuk juga spere partnya tentunya secara otomatis juga ikut meningkat, produknya seperti chasing, batre, anti gores, handsfree dan lain sebagainya.

Jenis produknya yang tidak akan basi dan peminatnya yang banyak menjadikan usaha ini cukup mudah dijalankan, dan modalnya pun tidak besar. Untuk memulainya tinggal kita cari distributor aksesoris hp yang menawarkan harga yang paling murah.

9. Jual Beli Hp Bekas

Seperti alasan di atas, karena pemakainnya yang semakin banyak, di tambah handphone ini juga termasuk kedalam kategori produk untuk penunjang gaya hidup, maka penggunanya akan selalu ingin menggunakan hp dengan keluaran ter up to date, terbaru, tercanggih dan sebagainya. Tidak heran, aktifitas jual beli handphone cukup sering dilakukan guna mengupgrade perangkatnya.

Jadi, usaha jual beli hp ini cukup beralasan bukan untuk di jadikan pilihan, Apakah sulit di jalankan ? tidak juga, kita cukup mempersiapkan ruang usaha di tempat yang potensial dan sejumlah modal yang kecil, lalu pasang spanduk bertuliskan “Jual Beli HP”, maka calon konsumen pun akan berdatangan dengan sendirinya.

10. Usaha Cat Tembok Kiloan

Ada yang baru mendengar usaha ini ?

jualan cat tembok kiloan ini padahal cukup potensial loh untuk dijalankan di daerah. Pasalnya masyarkat kalangan menengah kebawah yang memiliki dana pas-pasan untuk merenovasi rumah ataupun membangun rumah baru akan tertarik dengan produk ini.

Cat kiloan ini sebetulnya sama seperti cat pada umumnya yang bermerk dan berkemasan, hanya saja di buat secara industri rumahan dan di pasarkan perkilo untuk menekan harga jual.

Bagaimana kualitasnya ? tergantung produsen pembuatnya, tidak sedikit juga cat kiloan yang kehandalannya mampu bersaing dengan cat bermerk di pasaran.

Untuk memulai usaha ini jika kita tidak bisa meracik sendiri cat temboknya, bisa bertindak sebagai agen untuk di jual di wilayah anda sendiri, sambil berjalan kita bisa pelajari bagaimana resep pembuatannya sendiri, sehingga kedepan mungkin saja kita akan bisa memproduksinya sendiri.

11. Usaha Fotocopy Dan Alat tulis

Punya tempat usaha yang berada di sekitar sekolahan, kampus, perkantoran, dan sejenisnya ? manfaatkan untuk menjalankan usaha fotocopy dan toko alat tulis.

Cara menjalankannya yang mudah serta target konsumennya yang potensial di sekitar wilayah yang tadi di sebut, mambuat usaha ini sangat cocok di jalankan bahkan untuk pemula.

Modal sedikit tidak jadi masalah, saat ini mesin fotocopy memang berharga cukup mahal, namun ada jalan lain untuk memilikinya yaitu dengan menyewa.

Keuntungannya selain modal yang kita keluarkan menjadi tidak begitu besar, pemeliharaan mesin juga bukan menjadi tanggung jawab kita.

12. Jasa Salon Hewan Panggilan

Tempat usaha tidak ada, begitu pula modal usaha. Tapi anda tetap ingin berbisnis ?

Bisa lirik usaha jasa salon hewan panggilan. Tidak ada kriteria khusus untuk menjadi seorang yang bisa menyalon hewan, hanya tentunya setidaknya anda harus suka pada binatang, untuk keterampilannya bisa kita pelajari dari berbagai media seperti internet.

Setelah di rasa siap, barulah bisa kita mulai dengan cara menyebar brosur ke daerah komplek atau perumahan, jika ingin pemasaran lebih luas lagi bisa kita upayakan dengan memasang iklan baris di media massa di kota anda. Selanjutnya tingga menunggu konsumen yang berminat menggunakan jasa anda.

Memang sistim usahanya terlihat sederhana…, tapi pertanyaannya apakah anda siap untuk memulainya dan memperkaya pengalaman dalam bidang usaha agar tidak selalu dikatakan pemula ?

13. Menjadi Penulis

Pemula yang minim modal juga bisa pertimbangkan untuk menjadi seorang penulis atau writer. Bisnis ini erat kaitannya dengan dunia maya, karena konsumennya yang paling banyak tersedia adalah dari sana.

Pemilik website, pelaku bisnis online, mahasiswa adalah sebagaian diantaranya konsumen yang membutuhkan jasa ini.

Syarat menjalankannya paling utama harus dimiliki adalah kemampuan membuat tulisan berkualitas yang sesuai perminataan, namun kemampuan ini sebetulnya bisa di pelajari sendiri, tergantung bagaimana kemauan kita untuk belajar utamanya dengan membaca karya-karya orang lain.

Dengan seringnya kita menulis, lama kelamaan tulisan kita pun akan semakin berbobot dan lebih berkualitas.

14. Usaha Rental Ps ( Play Station )

Cukup menggiurkan melihat usaha rental PS ini yang sudah mampu berjalan dan menghasilkan. Bagaimana tidak, pemilik cukup membuka tempat usahanya bahkan tidak sedikit yang menjalankannya di rumah saja, lalu konsumen pun berdatangan dengan sendirinya.

Sepertinya menjalankan usaha ini tidak ada yang harus dikerjakan lagi setelah menyediakan tempat dan juga perangkatnya, kita hanya tinggal menunggu dan rupiah pun akan terus mengalir kekantong kita.

Berminat menjalankannya, persiapkan sejumlah modal dan juga tempat di wilayah yang banyak di kelilingi perumahan di sekitarnya. Pilih juga perangkat PS yang digemari seperti PS 3 yang kini mulai banyak direntalkan.

Baca juga menghitung modal dan keuntungan usaha rental ps3

15. Warnet Dan Game Online

Sejenis dengan usaha sebelumnya, warnet dan game online ini cukup mudah di jalankan dan merupakan usaha yang cocok untuk pemula. Bedanya usaha ini memiliki pangsa konsumen yang lebih luas, tidak hanya anak-anak orang dewasa hingga orang tua pun memerlukannya.

Tempat lokasi usaha masih menentukan berkembang tidaknya usaha ini, di beberapa tempat bahkan warnet dan game online bisa begitu menguntungkan, seperti jika didirikan di wilayah dekat sekolahan atau kampus, target konsumennya pelajar yang berada di lokasi tersebut.

16. Usaha Loket Pembayaran PPOB

Usaha loket pembayaran ahir-ahir ini banyak di pilih karena semakin banyak tagihan-tagihan rutin yang bisa di lakukan di tempat ini. Seperti pembayaran air, tagihan kartu kredit, pembelian token listrik, aneka cicilan, pulsa dan lain sebagainya.

Masyarakat cukup terbantu dengan adanya loket pembayaran PPOB di wilayah sekitar tempat tinggalnya, sehingga jika di daerah anda balum ada usaha semacam ini, bisa segera anda pilih sebelum ada orang lain yang menjalankannya.

17. Usaha Agen JNE

Nama JNE semakin dikenal beberapa tahun belakangan seiring dengan semakin pesatnya trend berbelanja online yang terjadi di Indonesia. Konsumen utama yang biasanya mendominasi menggunakan jasa kurir ini adalah para pedagang-pedagang online yang jumlahnya juga semakin banyak.

Untuk memulai usaha ini cukup mudah, dan bahkan menjalankannya dapat di lakukan oleh siapa saja termasuk anda yang pemula. Cukup dengan memberikan penawaran kepada JNE pusat bahwa kita memiliki tempat yang potensial, selanjutnya pihak JNE akan melakukan survey layak tidaknya tempat tersebut di jadikan kantor perwakilannya.

Jika di setujui, kita tinggal mempersiapkan sejumlah modal untuk dan usaha pun bisa berjalan.

Baca juga peluang usaha pengiriman barang menjadi agen jne

18. Usaha Penggilingan Botol Plastik Bekas

Selanjutnya ada usaha penggilingan botol plastik bekas semacam aqua dan sejenisnya. Usaha ini pun bisa berjalan dengan mudah, karena saat ini cukup banyak perusahaan yang membutuhkan hasil gilingannya untuk di jadikan bahan plastik daur ulang.

Bahkan sekarang cukup banyak perusahaan besar yang menawarkan paket usaha ini, sistimnya mereka menjual mesin penggilingannya sekaligus juga menerima hasil kerjaan kita, sehingga kita tidak perlu repot-repot memikirkan bagaimana pemasarannya.

Yang harus kita pikirkan hanya fokus kepada penyediaan bahan baku yaitu berupa botol-botol plastik minuman bekas, kita bisa bekerja sama dengan para pengepul di wilayah sekitar yang biasa menampung sampah-sampah tersebut.

19. Jasa Angkutan Barang

Memiliki kendaraan angkutan semacam mobil pick up bisa kita manfaatkan juga untuk dijadikan modal menjalankan jasa angkutan barang. Di perkotaan jasa semacam ini cukup di butuhkan para masyarakatnya yang memerlukan kegiatan angkut barang seperti pindahan.

Atau di butuhkan juga oleh para pemilik toko seperti toko besi, furniture dan sebagainya, yang kekurangan dengan armada pengirimannya sendiri.

20. Budidaya Burung Kenari

Untuk semakin melengkapi, kami sertakan juga pilihan usaha dari bidang budidaya untuk anda yang memiliki hobi di bidang ini. Budidaya burung kenari banyak dinilai paling mudah dalam hal perawatan dan perkembang biakannya, serta dapat berjalan hanya dengan modal yang kecil. Selain itu pasaran burung ini juga masih cukup banyak di butuhkan penggemarnya. Cukup memanfaatkan tempat seperti halaman rumah dengan luas yang tidak terlalu besar untuk dijadikan lokasi budidaya.

Itulah diantaranya 20 pilihan peluang usaha yang cocok untuk pemula, anda bisa pilih mana yang paling sesuai dengan minat yang dimiliki.

Jika penjelasan usaha-usaha di atas pada artikel ini di rasa kurang, sebagaian besar dari usaha tersebut juga pernah kami bahas secara lengkap pada blog infopeluangusaha.org ini. Anda bisa mencarinya di kolom pencarian, dan mendapatkan bahasan yang lebih mendalam.

Semoga sukses..

Baca juga artikel menarik lainnya :