10 Cara Cari Uang Tambahan Tanpa Modal Besar

Bingung dengan penghasilan yang tidak mencukupi kebutuhan, tenang anda tidak sendirian…, karena ternyata banyak orang yang juga mengalaminya.

Meski sudah berkerja sebagai karyawan ataupun menjalankan usaha sendirian, tidak sediki yang penghasilannya bisa di katakan pas-pasan, atau bahkan tidak mencukupi. Hal ini terjadi mungkin salah satunya karena harga aneka kebutuhan hidup saat ini yang semakin meningkat.

Maka tidak heran jika di media televisi kita sering disuguhkan dengan berita tentang demo-demo karyawan di berbagai tempat, yang rata-rata di sebabkan karena kurangnya pendapatan.

Salah satu solusi yang mungkin bisa membantu diantaranya dengan mencari cara untuk mendapatkan uang tambahan guna menutupi kurangnya biaya kebutuhan. Cara ini juga bisa di lakukan para ibu rumah tangga sambil menjalankan tugasnya di rumah.

Penghasilan yang di dapatkan nantinya bisa lumayan untuk setidaknya memperingan biaya kebutuhan keluarga, atau keperluan lainnya.

Sebagai masukan, berikut ini ada 10 cara cari uang tambahan tanpa modal besar yang bisa menjadi pilihan. Semoga saja bisa menginspirasi anda untuk menambah penghasilan.

10 cara cari uang tambahan

1. Cari Usaha Waralaba Murah

Memilih menjalankan usaha dengan sistim waralaba bisa menjadi cara yang praktis untuk menghasilkan uang tambahan. Tidak seperti membuka usaha sendiri yang segala sesuatunya harus kita persiapkan dari mulai persiapan bahan baku, produksi hingga pemasaran.

Usaha dengan sistim waralaba berbeda, sebagian besar langkah-langkah di atas sudah dipersiapkan oleh penjual waralaba. Kita hanya tinggal mempersiapkan tempat, dan mulai memasarkan produknya. Dengan begitu waktu dan tenaga kita tidak akan terlalu terkuras.

Saat ini banyak usaha waralaba murah yang di tawarkan, dengan budget modal 3 hingga 10 juta saja sudah bisa kita jalankan. Jenisnya seperti waralaba makanan dan minuman seperti buble drink, kebab, ayam crispy, dan lain sebagainya.

2. Berjualan Masakan Rumahan

Untuk ibu rumah tangga yang ingin mencari uang tambahan bisa lirik usaha berjualan masakan rumahan. Memasak tentu sudah menjadi kegiatan yang tidak asing lagi bagi kebanyakan ibu dirumah, sambil memasak makanan untuk keluarga, kita bisa sekaligus membuat masakan untuk di jual.

Caranya bisa dengan menyiapkan etalase sederhana di halaman rumah, target konsumennya adalah para tetangga yang ada di sekitar. Jika enggan menjualnya secara langsung, kita juga bisa mencari orang yang mau memasarkan masakan kita dengan berkeliling di wilayah sekitar, tentunya dengan memberikan komisi dari setiap masakan yang laku terjual.

3. Bisnis Online

Berikutnya cari uang tambahan di internet yang sekarang ini juga mulai banyak yang meliriknya. Bisnis online bisa beragam jenisnya, bisa berupa berjualan di toko online, berjualan barang di marketplace internet seperti tokopedia, bukalapak, OLX, menjadi blogger, bisnis affiliasi, dan lain sebagainya.

Bagi yang masih terhitung pemula dalam bisnis online, membuka toko online atau berjualan di marketplace menjadi pilihan yang mudah untuk dijalankan juga modal yang di perlukan tidak akan terlalu besar. Pertama tentukan produk yang akan di jual, sebisa mungkin barang yang paling di butuhkan di internet. Contohnya produk fashion seperti pakaian, tas dan aksesoris wanita, sepatu, peralatan kosmetik, dan sebagainya.

4. Menjadi Broker Properti

Broker properti yang lazim juga di sebut makelar atau perantara, bisa menjadi salah satu pilihan untuk mencari uang tambahan yang besar. Bagaimana tidak, jika satu saja properti bisa laku terjual atas perantara kita, bisa jutaan hingga puluhan juta didapatkan mengingat harga properti yang begitu besar.

Modalnya yang harus kuat kita miliki adalah hubungan relasi yang luas untuk pemasaran, sedangkan properti yang di jual kita bisa cari dari berbagai media seperti internet ataupun media massa.

Keahlian bernegosiasi dan berkomunikasi juga menjadi penting yang harus kita pelajari, semakin mahir tentunya tidak akan sulit untuk bisa meyakinkan buyer agar membeli properti yang kita tawarkan.

Baca juga jalankan usaha dengan modal 5 ribu ?

5. Budidaya Sayuran Hidroponik

Mengapa memilih budidaya sayuran dengan sistim hidroponik ? tentunya karena dengan sistem ini budidaya menjadi bisa di lakukan di lahan yang tidak terlalu luas, sehingga lebih praktis di jalankan dimana saja dan oleh siapa saja. Anda karyawan, pebisnis atau bahkan ibu rumah tangga, bisa menjalankannya.

Apakah efektif bisa menghasilkan tambahan penghasilan ? Tentu saja, saat ini sayuran yang di tanam dengan sistim hidroponik sedang mendapatkan perhatian dari masyarakat luas, pasalnya sayuran jenis ini lebih menawarkan banyak manfaat untuk kesehatan dibandingkan dengan sayuran biasa.

Target utama pemasarannya adalah supermarket-supermarket modern di kota besar, namun untuk pertanian hidroponik dengan skala kecil-kecilan tentunya harus melalui pengepul-pengepul besar yang biasa menerima hasil panen dari perorangan.

6. Berternak

Jangan dulu berfikiran bahwa berternak itu membutuhkan lahan yang sangat luas, modal besar dengan sistim kerja yang rumit dan sebagainya. Untuk sekedar cari uang tambahan, kita bisa pilih hewan ternakan yang praktis dalam hal perwatan, atau dijalankan bersamaan dengan hobi memelihara hewan yang di gemari.

Misalnya, Burung kicauan seperti kenari, love bird, murai batu, atau hewan lain seperti kucing, anjing, kelinci dan lain sebagainya. Hewan-hewan tersebut rata-rata praktis dirawat dan terbilang sederhana untuk sekaligus kita ternakan. Apalagi jika anda menjadi salah satu penggemarnya, sambil menyalurkan hobi sekaligus juga bisa menghasilkan uang tambahan.

Baca juga analisa usaha ternak burung murai batu

7. Berjualan di Pasar Dadakan

Sekarang cukup sering di temui bukan pasar-pasar dadakan yang sering diadakan di ahir pekan…, atau ada juga event yang sekarang ini populer yaitu acara car free day. Biasanya jalan-jalan di pusat perkotaan di sulap menjadi sebuah lapak-lapal berjualan sebagai sarana masyarakat yang ingin berbelanja murah.

Apakah ada di daerah anda juga ? manfaatkanlah untuk mencari uang tambahan. Biasanya dalam acara seperti ini penjualan bisa terjadi cukup besar, karena saat ini antusias masyarakat cukup besar untuk mendatanginya. Apalagi karena umumnya diadakan di ahir pekan, waktu kita bisa tersedia lebih luang.

Produk yang bisa kita jual beragam, seperti pakaian, makanan, minuman, aksesoris hingga hewan peliharaan bisa ditawarkan. Tidak ada kategori khusus untuk barang yang dijual, yang penting kita memiliki produk yang bisa di jual dengan harga murah.

8. Menjadi Penulis dan Penerjemah

Memiliki keahlian menulis atau handal berbahasa asing, bisa jalankan pekerjaan penulis lepas atau penerjemah. penulis jasanya banyak di butuhkan dari mulai perusahaan, mahasiswa hingga pebisnis online, di berbagai forum-forum internet jasa semacam ini bahkan bisa keteteran mengangani pesanan pelanggan.

Bagi yang handal berbahasa asing seperti inggiris, selain bisa menerima order jasa menerjemahkan, anda juga bisa menerima jasa pembuatan artikel bahasa asing, karena di butuhkan keahlian yang tinggi, menulis artikel dengan bahasa inggris juga di hargai lebih tinggi dari bahasa Indonesia pada umumnya.

9. Menjadi Fotografer Lepas

Dunia fotografi kini tidak lagi di dominasi lagi oleh para profesional saja, anda yang masih dalam tahap belajar pun sudah bisa mencoba melakukannya. Selain pasar yang semakin membutuhkan, dukungan teknologi juga cukup membantu para fotografer untuk menghasilkan jepretan yang berkualitas.

Sebagai cara untuk mendapatkan uang tambahan, kita bisa melakukannya secara freelance atau menjadi fotografer lepas. Pemasaran paling mudah dilakukan adalah melalui internet lewat media sosial seperti instagram yang memang mengutamakan postingan gambar.

10. Menjalankan Usaha Secara Kerja Sama

Memiliki sejumlah modal namun kesulitan menyediakan waktu luang, mendapatkan uang tambahan bisa di lakukan dengan menjalankan usaha dengan sistim kerja sama. Kita bisa cari rekan, teman atau saudara yang memiliki skill untuk berbisnis bidang apa saja yang dimilkinya.

Kita bisa bertindak sebagai penyedia modal, nantinya keuntungan bisa di bagi bersama sesuai kesepakatan. Namun perlu di perhatikan hendaknya memperhitungkan dengan matang segala resiko yang mungkin di hadapi seperti kerugian, perlu adanya pembicaraan secara jelas bagaimana sistim pertanggung jawabannya.

Itulah diantaranya 10 cara untuk mencari uang tambahan, perlu diingat karena kegiatan ini sifatnya adalah tambahan seyogyanya kita jalankan dengan tetap memperhatikan kegiatan pokok sebagai prioritas , baik itu sebagai karyawan, pelajar, ibu rumah tangga, atau anda yang sudah memiliki bisnis utama.

Baca juga artikel mudah cari uang di internet untuk pemula